Mohon tunggu...
Harry Ramdhani
Harry Ramdhani Mohon Tunggu... Immaterial Worker

Sedang berusaha agar namanya di "Kata Pengantar" Skripsi orang lain. | Think Globally Act Comedy | @_HarRam

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Kobe Bryant, Hall of Fame 2020, dan Isu Berakhirnya NBA Musim Ini

5 April 2020   02:38 Diperbarui: 5 April 2020   09:30 76 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kobe Bryant, Hall of Fame 2020, dan Isu Berakhirnya NBA Musim Ini
Kobe Bryant. (@HoopHall - twitter)

Setelah nama Kobe Bryant dikabarkan masuk dalam kandidat peraih Hall of Fame 2020, tidak lama setelah itu, ia meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat.

Mudah sekali menulis satu kalimat tersebut untuk membuka tulisan ini. Tapi, justru amat berat menerima kalau itu adalah kenyataan.

Kobe Bryant bukan hanya seorang pebasket yang telah memenangi 5 cincin juara untuk Lakers. Apalagi sekadar membela satu tim sepanjang karirnya selama 20 tahun. Kobe lebih dari itu. Idolanya, Earvin "Magic" Johnson, mengatakan: ia [Kobe Bryant] telah menikahi olahraga basket.

Kobe Bryant telah memberikan segalanya dan kini namanya diabadikan dalam Kobe Naismith Memorial Basketball Hall of Fame.

"Obviously we wish that he was here with us to celebrate, but it's definitely the peak of his NBA career," ucap Vanessa Bryant, sesaat setelah nama suaminya diumumkan masuk dalam peraih Hall of Fame 2020.

***

Daftar Peraih Hall of Fame 2020. (@NBA - twitter)
Daftar Peraih Hall of Fame 2020. (@NBA - twitter)
Naismith Memorial Basketball Hall of Fame mengumumkan 9 nama peraih Hall of Famer angkatan 2020: 4 pemain, 4 pelatih, dan seorang pengurus asosiasi basket.

Kevin Garnett dan Tim "Timmy" Duncan termasuk di antaranya. Keduanya, tentu saja, adalah kompetitor Kobe Bryant sepanjang karirnya.

Perseteruan antara Kevin Garnett dan Kobe Bryant seperti mengembalikan masa-masa terbaik rivalitas Celtics dengan Lakers. Kobe dikalahkan pada final 2008 dan berhasil membalasnya pada final 2010.

Tetapi untuk Tim Duncan, bahkan Kobe Bryant sampai mengatakan, "jika tidak bertemu dengan Spurs (Tim Duncan), pasti kami (Lakers) bisa menjuarai NBA 10 musim berturut-turut."

Mungkin tanpa pernah bertemu Kevin Garnett dan Tim Duncan, kita tidak akan melihat Kobe yang tampak putus asa, bersedih, hingga marah ketika ia kalah. Kedua pemain tersebut adalah anak tangga yang mesti Kobe lewati untuk bisa menyamai --bahkan melebihi-- Jordan.

Akan tetapi begitulah Kobe Bryant. Secara tidak langsung, ia memotivasi dirinya sendiri untuk bermain lebih baik agar bisa jadi kompetitor pemain lain dan pemain lain bermain jauh lebih baik.

"He was one of the greatest competitors who stepped on the court and made sure his impact was felt on both sides of the ball. He is ranked 4th on the NBA's career points list (33,643). We congratulate posthumously 5x NBA Champion Kobe Bryant." -- @HoopHall.

Malam penganugerahan rencananya akan digelar pada 26 Agustus 2020. Tapi, itu belum bisa dipastikan karena pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

***

Brian Windhorst, penulis dan analis NBA dari ESPN melaporkan kalau ada kemungkinan NBA musim 2019-20 akan berakhir.

Hingga Jumat (3/4) waktu setempat, diskusi mengenai kesepakatan antara serikat pemain dan pengurus liga masih berlangsung. Pembahasan utamanya tentu saja mengenai melanjutkan atau tidak musim 2019-20 yang sempat dihentikan ini.

Dari diskusi Brian Windhorst beserta pengurus liga nampaknya menjurus kepada mengakhiri musim 2019-20 saja.

Memang belum ada putusan resmi, akan tetapi dari cara pengurus liga belum tahu mesti cara memulai kembali liga hingga masalah keuangan jika liga dihentikan, rasa-rasanya kedua indikator tersebut memperkuat perkiraannya kalau NBA akan menghentikan musim ini.

"I think there is a significant amount of pessimism right now," ujar Brian Windhorst pada acara Sports Center, ESPN.

Namun, pada kesempatan lain, LeBron James percaya jika musim ini akan tetap dilanjutkan, kapan dan bagaimanapun caranya.

Yang pasti, NBA musim depan akan jauh lebih seru dan menarik. Warriors kemungkinan akan kembali diperkuat Splash Brothers, Steph dan Klay; Kawhi dan Paul George mulai klop; musim perdana Kevin Durant dan Kyrie Irving bersama Brooklyn Nets; dan LeBron yang semakin menua.

Sebab aku tidak ingin menuliskan kalimat ini pada pembuka artikel lain jika benar NBA musim ini berakhir: Sudahi perdebatan siapa lebih baik antara Mike, Kobe, dan LeBron James, karena LeBron sudah 4 kali gagal ikut playoffs sepanjang karirnya dan hanya bisa 3 kali juara NBA.

VIDEO PILIHAN