Mohon tunggu...
Harry Ramdhani
Harry Ramdhani Mohon Tunggu... Immaterial Worker

Sedang berusaha agar namanya di "Kata Pengantar" Skripsi orang lain. | Think Globally Act Comedy | @_HarRam

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Lionel Messi dan Emoji Kambing

9 Desember 2019   00:21 Diperbarui: 9 Desember 2019   09:23 169 6 0 Mohon Tunggu...
Lionel Messi dan Emoji Kambing
Tangkapan layar dari tayangan @undisputed


1/
Malam di mana Lionel Messi menerima penghargaan ke-6 Ballon d'Or, pada saat yang sama, Twitter membuat emoji khusus sebagai bentuk penghormatan untuk itu: seekor kambing mengenakan jersey Barca.

Seperti lelucon, tapi tidak lucu.

2/
Sebelum sepak mula Barcelona kontra Real Mallorca, Lionel Messi membawa piala Ballon d'Or yang baru didapatnya dan berterima kasih kepada pendukungnya. Lalu, puluhan wartawan mengabadikannya.

Akan sangat sulit, barangkali, ada pesepak bola yang bisa menyamai --atau, melewati(?)-- capaian Lionel Messi; 6 Ballon d'Or.

Pesaingnya, Ronaldo? Tidak. Bersama Juventus dan Sarri, ia tak ayal pemain Liga Italia pada umumnya. Biasa saja.

Mbappe? Kemampuan dan bakatnya perlahan akan hilang kalau masih tetap bersama PSG. Sebabnya karena Liga Perancis tidak kompetitif. Terlalu aman dan nyaman, PSG sama sekali tidak bisa berbuat apa-apa pada kompetisi lain. Liga Champions, misalnya.

Neymar? Sama saja.

Tapi, ada yang terlewatkan: penghargaan Ballon d'Or tidak pernah tanpa kontroversi.

Ilustrasi sederhana tentang pemilihan pemain terbaik tersebut tak ayal Kongres PSSI ketika menentukan Ketua Umum.

3/
Emoji kambing. The GOAT. The Greatest Of All Time. Lionel Messi?

4/
Setiap perayaan atau penghormatan atau momen-momen besar dan tertentu, Twitter acapkali memberikan dan membuatkan emoji khusus pada tanda pagar.

Sebagai contoh, setiap NBA All-Star Weekend, Twitter akan membuatkan emoji khusus. Bahkan bukan hanya pada acara tersebut, melainkan kepada setiap pemain yang terpilih bermain.

Pemilihan pemain memang berdasarkan vote, tapi pemilih tahu: siapa pemain yang pantas mendapat suara mereka --minimal pendukung klub pemain tersebut.

Tapi, hingga saat ini belum ada pemain yang mendapat atau menggunakan emoji kambing. Tahu kenapa? Karena perdebatan itu (masih dan akan) terus berlangsung: who's the GOAT?

5/
Twitter sama sekali tidak keliru atas emoji tersebut. Sebab memang pembicaraan dan perdebatan tentang itu, seperti di NBA, tidak pernah menggema.

Messi dan Ronaldo, perdebatan antara kedua pemain tersebut melulu tentang rivalitas Barcelona dan Real Madrid.

Barcelona tidak akan pernah menjadi Barcelona hari ini, tanpa Messi. Lalu, Real Madrid tidak akan pernah meraih gelar Liga Champions 3x secara berturut-turut tanpa Ronaldo.

Ketika pundit sepak bola diam atas perdebatan itu, justru fan-boy kedua pemain tersebut yang berisik. Saling caci dan benci. Mendukung hingga memuja seperti orang sedang masturbasi.

Sepak bola, pada akhirnya, sekadar menjadi olahraga (fisik) sekaligus hiburan (psikologis).

6/
Sebagai pendukung Arsenal, tentu saja, pemain terbaik sepanjang masa di dunia sepakbola adalah Thiery Henry --walau julukan "The Goat" sudah ada untuk Dennis Bergkamp, karena mukanya mirip kambing-- bukan Messi.

+1/
Siapa pesepakbola terbaik sepanjang masa?

VIDEO PILIHAN