Mohon tunggu...
Harry Dethan
Harry Dethan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menulis untuk berbagi.

Email: harrydethan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Alasan Penting Kita Perlu Sediakan Waktu untuk Jalan Kaki Tiap Hari

19 Mei 2022   22:06 Diperbarui: 2 Juni 2022   13:54 180 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di zaman modern saat ini, semua aktivitas memang bisa dilakukan secara lebih mudah. Kendaraan seperti motor atau mobil yang sudah tersedia di mana-mana membuat aktivitas berjalan kaki sudah tidak sering dilakukan kebanyakan orang. Padahal berjalan kaki merupakan salah satu kegiatan yang memiliki segudang manfaat.

Mengetahui manfaat dari jalan kaki dapat membuat kita bisa lebih termotivasi untuk melakukan gerakan fisik yang sebenarnya menyenangkan ini. Jadi, inilah beberapa alasan mengapa kita perlu menyediakan waktu untuk berjalan kaki setiap hari.

Pertama, jalan kaki merupakan salah satu kegiatan fisik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaatnya bagi tubuh seperti menjaga berat badan agar tetap sehat, mengontrol tekanan darah agar tetap normal, menguatkan tulang dan otot, serta meningkatkan energi, stamina dan daya tahan tubuh.

Selanjutnya, berbagai macam penyakit berbahaya juga dapat dicegah melalui aktivitas yang sederhana ini. Contohnya seperti mencegah penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Dengan demikian, jika kita ingin memiliki fisik yang kuat dan sehat, jalan kaki adalah salah satu alternatif aktivitas yang bisa kita mulai jalankan.

Kedua, aktivitas jalan kaki adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental. Mengapa demikian? Jalan kaki bisa meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan mood baik. Hal ini bisa menghindarkan kita dari gangguan mental seperti stres dan depresi.

Aktivitas fisik yang sangat sederhana ini juga memiliki manfaat bagi kerja otak. Jalan kaki ternyata juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memori kita. Hal ini dapat membuat kita memiliki hidup yang lebih berkualitas dan produktif. Dalam aktivitas yang dijalankan pun, kita bisa lebih memberi manfaat bagi diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita.

Ketiga, jalan kaki bisa menjadi alternatif olahraga harian yang sangat murah dan praktis. Kita tidak perlu membeli berbagai peralatan dan perlengkapan untuk melaksanakan kegiatan ini. Cukup gunakan alas kaki yang aman, entah sandal atau sepatu, lalu mulailah berjalan kaki. Selain itu, kita dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun.

Lantas, agar fisik dan mental kita mendapatkan manfaatnya, berapa langkah kaki yang diperlukan? Selama ini mungkin saja kita sering mendengar tentang aturan 10.000 langkah setiap hari.  Jumlah ini sah-sah saja untuk diterapkan jika kita menginginkannya.

Namun, bagi orang yang tidak terbiasa, jumlah tersebut sudah terlebih dahulu mendatangkan rasa mual. Karena itu, kita perlu memahami bahwa tidak perlu mencapai 10.000 langkah setiap hari untuk membuat hidup kita sehat.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa 3000 sampai 5000 langkah setiap hari sebenarnya sudah cukup untuk membuat kita tetap sehat. Jumlah langkah tersebut sebanding dengan berjalan kaki sejauh 1.5 mil atau lebih setiap hari. Untuk dapat melakukan langkah sejauh ini, kita hanya perlu berjalan santai keliling gang atau lingkungan sekitar kita saja selama 20 menit sampai 30 menit setiap hari. Cukup mudah, kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan