Mohon tunggu...
Harry Dethan
Harry Dethan Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi.

Menulis untuk berbagi. Email: harrydethan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Tiga Hal Sederhana Ini Bisa Akibatkan Anxiety Disorder

14 Mei 2021   12:51 Diperbarui: 15 Mei 2021   04:36 615 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Hal Sederhana Ini Bisa Akibatkan Anxiety Disorder
Ilustrasi: CRx Magazine

Salah satu istilah yang cukup nge-trend di masa kini adalah anxiety disorder atau gangguan kecemasan. Pernahkah kamu mendengarnya? Anxiety disorder adalah satu dari sekian bentuk gangguan mental yang memiliki tanda seperti perasaan takut dan cemas secara berlebihan. Hal tersebut akhirnya membuat fungsi individu, sosial, serta aktivitas seseorang dapat terganggu.

Our World in Data menunjukkan bahwa selama 2017 lalu, terdapat 264 juta orang di dunia yang mengalami gangguan kecemasan. Pantas saja, generasi kita saat ini sering disebut sebagai "generasi rentan stres". Untuk mencegah diri kita mengalami anxiety disorder, maka kita perlu memahami penyebabnya. Berikut ini merupakan tiga hal sederhana yang bisa membuatmu mengalami gangguan kesehatan mental ini.

Pengalaman Buruk

Kita semua tentunya memiliki pengalaman buruk. Bukankah hal tersebut wajar? Meski  terbilang wajar, kejadian buruk di masa lalu yang masih membekas dapat membuat kita mengalami gangguan kecemasan di masa kini.

Contohnya adalah trauma di masa anak-anak. Bentuk kejadian yang dapat mengakibatkan trauma adalah kekerasan yang didapatkan, penolakan atau ditelantarkan, kehilangan orang yang disayangi, hingga perceraian orang tua. Pengalaman-pengalaman tersebut dapat membuat orang yang mengalaminya merasa kurang berharga, serta sulit mempercayai orang lain.

Trauma yang dialami harus dilawan atau diselesaikan. Salah satu cara penyelesaian terbaik adalah belajar untuk menerima keadaan dan berdamai dengan diri sendiri. Setelah berdamai dengan masa lalu, kita akan dapat menjalani hari ini dan masa depan dengan perasaan lebih lega. Yuk, mulai berdamai dengan kehidupan.

Selain pengalaman buruk yang dirasakan oleh diri sendiri, melihat pengalaman buruk dari orang lain juga bisa mempengaruhi mental kita. Jika sehari-hari kita dikelilingi oleh orang-orang yang selalu berperilaku cemas, kita pun akan terpengaruh. Kebiasaan merasa cemas dari orang di sekitar akan membuat kita terbentuk menjadi orang yang mudah cemas juga.

Ada kalimat terkenal yang berbunyi "pergaulan buruk dapat merusak kebiasaan baik". Karena itu, tempatkanlah diri kita sebisa mungkin pada lingkungan yang positif secara mental. Bukankah sebaiknya kita saling memberikan pengaruh baik pada lingkungan kita?

Media Sosial

Kebanyakan dari kita saat ini hampir tidak bisa terlepas dari gawai. Mungkin, ponsel kita sudah menjadi suatu kebutuhan primer yang setara dengan beras. Kita bisa menghabiskan belasan hingga puluhan jam dalam seminggu hanya untuk nge-scroll ponsel kita.

Apa saja yang biasanya dilihat? Kehidupan orang lain yang "lebih wow" dibandingkan hidup kita, pameran kelebihan yang sulit dicapai oleh kekurangan kita, dan lain sebagainya. Interpretasi yang sempit terhadap kehidupan di dunia maya tersebut bisa membuat kita merasa terancam, takut ditolak, hingga rendah diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x