Harry Dethan
Harry Dethan pekerja sosial

Menulis untuk bercerita. Email: harrydethan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Musik sebagai Penopang Kesehatan

12 Januari 2019   13:02 Diperbarui: 12 Januari 2019   13:45 443 13 7
Musik sebagai Penopang Kesehatan
Ilustrasi musik untuk kesehatan | Sumber: brottmusic.com

Musik dan lagu. Kedua kata ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi hampir semua orang di dunia. Setiap orang memiliki persepsinya masing-masing jika berbicara tentang kedua hal tersebut. Ada yang mengartikan musik dan lagu sebagai kata-kata yang berisi nada, ada yang bilang bahwa musik dan lagu merupakan seni yang romantis dan lain sebagainya. 

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, 'musik' memiliki arti ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan.

Sedangkan 'lagu,' memiliki arti ragam suara yang berirama (dalam bercakap, bernyanyi, membaca, dan sebagainya). Kedua hal ini memang tak bisa dipisahkan, karena jika seseorang mendengarkan atau menyanyikan sebuah lagu, pasti ada musik di dalam lagu tersebut.

Mendengarkan atau melantunkan sebuah lagu dan musik memiliki banyak kegunaan. Seperti yang diketahui, bahwa lagu dapat mengatur suasana sesuai keinginan kita, mulai dari membangun suasana yang lebih bersemangat, suasana yang teduh penuh penghayatan dan lain sebagainya. 

Banyak juga penelitian yang menjelaskan bahwa musik memiliki efek yang positif untuk kesehatan, mental dan kecerdasan.

Bahkan, sejak anak di dalam kandungan pun ada pula orangtua yang sudah mulai memperdengarkan musik pada anaknya, khususnya musik klasik. Selain itu, musik merupakan media yang sudah terbukti sangat baik dalam menyebarkan suatu informasi maupun pesan kepada banyak orang.

Setiap musisi yang membuat sebuah lagu atau musik, pasti selalu memiliki suatu pesan yang ingin disampaikan di dalamnya. Pesan-pesan seperti kemanusiaan, cinta, sosial, budaya, politik, hingga kesehatan dan masih banyak lagi. Khusus untuk penyebaran pesan kesehatan, lagu dan musik sudah pernah dilakukan dan menurut banyak orang, hal tersebut adalah hal yang efektif. 

Contohnya ada banyak lagu yang bertemakan kesehatan yang sudah diajarkan ketika masih taman kanak-kanak dan masih mudah diingat sampai sekarang, seperti salah satu lagu dengan kata-kata seperti ini, "aku anak sehat, tubuhku kuat, karena ibuku rajin dan cermat, semasa aku bayi, selalu diberi ASI, makanan bergizi dan imunisasi... dan seterusnya". Ada yang masih ingat?

Musik adalah kehidupan dan penopang kesehatan yang baik. Mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan pernah berkata, "Hidup itu sebuah lagu hebat nan manis, jadi mulailah mainkan musik itu". Yah, mulailah mainkan musik itu! Mulai dari anak yang masih dalam kandungan, hingga orang yang sudah lanjut usia, semuanya dapat mendengarkan musik.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa kegunaan musik dapat membuat orang lebih bersemangat, mengatasi stress, menghibur, sebagai bahan untuk belajar dan masih banyak kegunaan lain yang pastinya hal-hal tersebut merupakan penopang yang baik bagi kesehatan.

Mendengarkan musik juga harus disesuaikan dengan situasi maupun faktor-faktor lain. Contohnya, jika seseorang yang berada dalam keadaan tertekan atau galau, mendengarkan lagu atau musik yang galau juga, orang tersebut akan makin terpuruk oleh sugesti dari pesan yang ada dalam lagu tersebut.

Sebaliknya, jika orang tersebut mendengarkan musik yang mengandung lirik yang berisi konten positif dan menginspirasi serta memotivasi, akan dapat kembali membangkitkan semangatnya lagi. 

Hal ini bukan berarti setiap orang tidak boleh mendengarkan lagu-lagu yang bertemakan galau. Namun, ada baiknya pilihan musik yang didengar dapat disesuaikan dengan maksud dan tujuannya. Jika ingin orang tersbut memang ingin membangun suasana galau bisa mendengarkannya dan jika orang tersebut ingin membangun suasana bersemangat, dengarlah lagu yang memotivasi dan menyemangati juga.

Musik sebagai penopang kesehatan bukan hanya ditujukan bagi pendengarnya saja. Hal ini ditujukan juga bagi orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan dan bidang lain yang ingin menyebarkan pesan positif sehingga orang lain bisa mendapatkan pengetahuan yang baik.

Untuk menyebarkan pesan, khususnya suatu pesan kesehatan melalui musik, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan, agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dan diingat dengan baik oleh para pendengar.

Hal tersebut meliputi konten yang ada di dalam lagu atau musik tersebut, seperti lirik yang berisi pesan kesehatan yang ingin disampaikan tentunya harus jelas dan juga pilihan nada-nada yang sesuai dengan tema lagu sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat di dengar dengan nyaman.

Cara ini sudah pernah saya terapkan dalam pekerjaan dalam menyebarkan informasi kesehatan. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh teman kuliah saya menyangkut penyebaran pesan kesehatan lewat media musik, juga terbukti berhasil dengan baik.

Setiap orang memiliki hobi dan kesenangan masing-masing dalam membuat dirinya nyaman maupun lebih bersemangat, serta memiliki gaya hidup yang sehat.

Namun, khusus untuk orang-orang yang hendak mendengarkan atau melantunkan musik, alangkah baiknya tidak hanya sekadar mendengar atau melantunkan, akan tetapi dapat menggunanakannya sebagai media dalam menopang kesehatan dan tentunya membuat hidupnya makin bersemangat dan bermanfaat.

Salam Sehat.