Mohon tunggu...
Harruka Azka
Harruka Azka Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Pamulang

Stay positive thinking, everything should be made as simple as possible, don't be afraid to be who you are just scream out and shout and follow the starts forget about the past that it's over.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Menjaga Sistem Imun Tubuh di Saat Pandemic

28 November 2020   23:21 Diperbarui: 5 Januari 2021   12:44 318 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menjaga Sistem Imun Tubuh di Saat Pandemic
gambar-kekal-aktif-untuk-memperbaiki-sistem-imun-badan-untuk-mengelakkan-virus-korona-ilustrasi-virus-korona-png-dan-vektor-untuk-muat-turun-percuma-5fc26ce2d541df339d260732.jpg

Virus Corona telah menginfeksi ratusan ribuan orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri sudah mencapai lebih dari 500.000 orang positive terkena COVID-19. Memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu tips yang bisa dilakukan untuk menangkal penularan virus ini. Tidak hanya virus Corona, system imun tubuh yang kuat juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit lainnya.

Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona merupakan virus yang dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia (infeksi paru-paru) yang bersifat akut, dan gagal ginjal. WHO (World Health Organization) secara resmi memberikan nama COVID-19 (Coronavirus Diasease 2019) untuk virus Corona ini.

Hingga saat ini, belum tersedianya vaksin yang bisa mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Inilah yang menyebabkan Kementrian Kesehatan Indonesia mengimbau agar masyarakat Indonesia senantiasa menjalankan hidup bersih serta selalu menjaga daya tahan tubuh.

Tips Menjaga Sistem Imun Tubuh Untuk Mencegah Virus Corona

Beberapa pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun ada hal yang dapat melemahkan sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang, antara lain yaitu kurang gizi, penyakit, bahkan obat-batan tertentu. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh kita kuat.

Berikut ini adalah tips-tips yang Anda bisa lakukan untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh:

1.  Berjemur

Berjemur merupakan salah satu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah serangan virus corona. Vitamin D yang dihasilkan dari sinar ultraviolet-B matahari dipercaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Meskipun Vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan, cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin tersebut yaitu adalah mendapatkan sinar matahari langsung atau mengonsumsi suplemen jika mengalami kekurangan.

2. Berolahraga dengan Rutin

Olahraga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan peradangan. Namun perlu Anda ketahui, olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih baik terhadap sistem imun dibandingkan olahraga yang hanya sesekali. Jadi, sempatkan lah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Salah satu kebiasaan baik lainnya sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah menerapkan pola makan nabati yang sehat. Pastikan Anda mengonsumsi vitamin antioksida yang paling meningkatkan kekebalan tubuh seperti A, B6, C, E, selenium, zat besi, asam folat, dan seng. “Makanlah banyak buah dan sayuran dalam berbagai warna,” kata McWhorter.

4. Beristirahat yang Cukup

Walaupun terdengar sesederhana, bahwa kurang tidur dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh signifikan, sehingga beragam penyakit dapat lebih mudah menyerang.  Oleh karena itu, di tengah pandemic ini. Anda harus beristirahat yang cukup salah satunya tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh Anda lebih kuat melawan paparan virus Corona. Orang dewasa membutuhkan waktu tidurnya sekitar 7-8 jam setiap harinya, sedangkan anak-anak memerlukan waktu tidur 10 jam atau lebih.

5. Mengkonsumsi Suplemen

Selain itu, National Institutes of Health (NIH) tidak ada bukti yang mendukung penggunaan suplemen apa pun untuk mencegah atau mengobati COVID-19. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen berikut dapat memperkuat respon kekebalan sistem imun tubuh secara umum seperti vitamin C, vitamin D, hingga zat besi.

6. Terhidrasi dengan Baik 

Cara meningkatkan imun tubuh saat pandemic yaitu adalah mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Air salah satunya memainkan peran penting dalam tubuh termasuk sistem kekebalan tubuh. Cairan dalam sistem peredaran darah yang disebut getah bening dapat membawa sel-sel kekebalan yang melawan infeksi ke seluruh tubuh Anda yang sebagian besar terdiri dari air.

Jadi di tengah pandemic corona, jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi. Anda harus cukup minum air sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal virus corona.

7. Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan ari selama setidaknya 20 detik merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman. Kebiasaan baik lainnya adalah dengan menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh barang-barang. Sebab, kita banyak menyentuh permukaan dan kuman dari permukaan tersebut bisa berpindah ke dalam tubuh kita. Ketika kita menyentuh mata, mulut, dan hidung.

Selain memperkuat sistem imun daya tahan tubuh dengan beberapa tips yang di atas, Anda juga perlu menerapkan upaya untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu sebagai berikut:

  • Selalu menggunakan masker di saat berpergian atau berinteraksi dengan orang lain.
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun, atau dengan hand sanitizer.
  • Tidak menyentuh wajah. hidung, dan mata dengan tangan yang kotor yang belum dicuci.
  •  Menghindari keramaian (kerumunan) dan menjaga jarak atau physical distancing.

Jadi, ayo kita jaga daya tahan tubuh kita dengan melakukan rutin berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari, rajin mencuci tangan, terhidrasi dengan baik, beristrahat dengan cukup, dan perbanyak makan buah dan sayuran!! Bila perlu, mengkonsumsi suplemen.




 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x