Mohon tunggu...
harman dahsyat
harman dahsyat Mohon Tunggu... Penulis - Be Inspiring and Useful for Others

Terus menginspirasi dan memberikan banyak manfaat untuk orang banyak.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Perjuangan Salesman di Era Covid-19

29 Oktober 2020   23:19 Diperbarui: 30 Oktober 2020   18:40 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dulu... pada saat awal menjadi seorang salesman, saya memulai profesi saya dengan menawarkan door to door (canvasing), mengikuti pameran di mal-mal, pusat perbelanjaan dan tempat keramaian lainnya serta iklan baris di koran ibu kota.

Dulu... kurang lebih setelah 5 tahun bekerja, saya mulai mendapatkan apa yang saya impikan, punya rumah sendiri, mobil pribadi, sudah punya keluarga yang insyaallah cukup berbahagia. Saya mulai meningkatkan value diri saya dengan mengikuti beberapa seminar berbayar yang relevan dengan profesi saya sebagai seorang salesman. Juga bergabung dalam Komunitas Sales Indonesia tahun 2012,

Salah satu pencapaian saya ialah sejak saya menjadi salesman tahun 2002 sampai 2013 saya selalu mengikuti pertemuan wiraniaga baik tingkat wilayah maupun nasional. 

Menjadi Wiraniaga teladan dengan kriteria produktivitas dan pelayanan pelanggan terbaik 2003 dan beberapa kali menjadi STAR AWARD dari Toyota Astra Motor adalah pencapaian saya ketika menjadi salesman di Auto2000 Pramuka.

Tahun 2010 saya bersama 2 salesman dan Branch Manager terbaik Auto2000 mejadi insan terpilih  untuk menjadi brand ambassador Auto2000. Di leaflet dan Video "Succes Story" yang dibagikan hampir ke semua cabang Auto2000[i] digunakan untuk menjaring salesman baru di Auto2000 nasional. 

Dengan konsisiten menjadi salesman dengan penjualan terbaik dan layanan prima terhadap pelanggan akhirnya mengantarkan saya menjadi Sales Supervisor di awal tahun 2014.

Saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 dan krisisi ekonomi cara dan strategi menjual seperti dulu sudah tidak bisa dilakukan. Sudah terjadi perubahan yang sangat signifikan. Cara orang mencari informasi perihal produk, tenaga penjual dan metode melakukan transaksi pembelian barang atau jasa berubah dengan sangat cepat.

Kunjungan dan interaksi langsung menjadi sangat berkurang. Yang ada Sebagian besar pelanggan lebih banyak memanfaatkan teknologi, menggunakan smart phone untuk melakukan searching atau pencarian informasi dan transaksi jual beli.

 Yang menjadi pertanyaan kemudian ialah di tengah kondisi yang sangat menantang, penjualan menurun drastis, pembeli semakin selektif dan menentukan prioritas terhadap barang atau jasa yang akan mereka beli. Apa yang harus kita lakukan sebagai salesman, sebagai garda depan perusahaan dan penggerak roda ekonomi bangsa ?

Berdasarkan pengamatan, pembelajaran dari beberapa referensi dan praktek langsung menjadi team leader beberapa salesman, ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebagai tenaga pemasar, yaitu :

         * Optimistic Mindset

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun