Mohon tunggu...
Harman Dahsyat
Harman Dahsyat Mohon Tunggu...

Leader, Trainer n Writer

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

"The Secret of Dream"

6 Juni 2018   14:28 Diperbarui: 6 Juni 2018   14:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
"The Secret of Dream"
dokpri

" I'm a big believer in DREAMING, if you don't DREAM it, you can't become it !"

- Magic Johnson

Mimpi Oom William

Sebuah artikel di majalah Warta Ekonomi, edisi 05 Tahun XXVIII 2017 yang menggambarkan mimpi besar mendiang William Soeryadjaya menjadikan PT. Astra International, Tbk sebagai perusahaan berskala global tercapai sudah. Setelah genap berusia 60 tahun sejak didirikan pada 20 Fabruari 1957 oleh tiga serangkai William Soerjadjaya, Tjia Kian Tie (adik William) dan E. Hardiman (liem Peng Hong).

Kini Astra tumbuh menjadi  gurita bisnis dengan tujuh lini bisnis dengan 208 perusahaan di dalamnya. Ketujuh lini bisnis ini anatara lain bermula dari bisnis otomotif (roda empat,roda dua dan komponen), agribisnis, alat berat dan pertambangan, jasa keuangan, teknologi informasi, infrastruktur dan logistik serta properti.  

Sejak awal berdirinya perusahaan, Oom William yang biasa akrab dipanggil karyawan dan koleganya sudah mempunyai gambaran bahwa suatu hari nanti akan berkembang menjadi perusahaan yang berskala besar dan global, sehingga ia memberikan nama PT. Astra international. Sejak awal hanya mempunyai 4 karyawan, saat ini Group Astra mempekerjakan 214.835 karyawan.

Ini adalah ilustrasi bagaimana impian dan keyakinan mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa sebagai landasan kesuksesan seseorang. Dalam waktu 60 tahun dengan landasan Catur Darma Astra, perusahaan ini terus bertumbuh dan berkembang memberi banyak manfaat bagi bangsa dan negara.

Bagaimana dengan Impian Anda  sebagai seorang sales ???

Impian buat seorang sales merupakan keinginan dan tujuan yang ingin kita capai agar pada waktu tertentu bisa menjadi kenyataan. Agar impian kita bisa mewujud, satu hal yang sangat penting untuk kita tanyakan pada diri kita ialah apakah kita benar-benar memiliki alasan yang sangat kuat untuk bisa mewujudkan impian terebut.

Rekan-rekan sales di seluruh dunia, apakah kita mempunyai impian atau cita-cita yang benar-benar ingin dicapai ? Jika kita mempunyai impian, apakah kita juga sangat yakin untuk bisa mewujudkannya ? Pertanyaan selanjutnya adalah apakah yang sedang dan akan kita lakukan sekarang, kedepannya akan membawa kita kepada impian tersebut  ?

Jika jawabannya Ya untuk pertanyaan yang pertama Setiap orang mempunyai impian yang berbeda satu dengan lainnya. Ada yang mempunyai impian punya rumah, mobil, jalan-jalan ke luar negeri, umroh atau naik haji atau bahkan ada yang mempunyai impian menjadi salesman terbaik.

Setelah impian kita menjadi jelas, hal yang menentukan keberhasilan kita dalam menggapai imian ialah belief atau keyakinan. Orang yang paling kita percaya adalah diri kita sendiri, maka jika kita tidak mempercayai kekuatan diri kita sendiri, bagaimana kita akan yakin bahwa kita bisa ? So Yakin lah akan potensi terbaik yang kita miliki dan lakukan tindakan terbaik untuk mewujudkan impian kita.

Setelah kita yakin dengan impian kita, totalitas dalam melakukan upaya adalah jawaban untuk meraihnya. Bekerja jangan setengah-setengah, fokuslah pada ikhtiar terbaik untuk mencapai keberhasilan. Jika kita mengerjakan sesuatu hanya seingatnya saja, tanpa skill yang memadai, asal-asalan dan tidak fokus maka kita akan sulit mencapai apa yang menjadi impian kita. Mimpi hanya akan menjadi MIMPI belaka jika Anda tidak melakukan aksi nyata (action).

Totalitas adalah jawabannya. Totalitas ialah melakukan upaya dengan total usaha yang diperlukan untuk mencapai impian atau tujuan. Perasaan, pikiran dan tindakan kita harus benar-benar tercurah untuk mewujudkan impian . Kita harus bisa mengorbankan hal-hal yang tidak berkaitan atau mendukung pencapaian impian dan fokus 1000 % jika kita ingin meraihnya.

Agar impian kita lebih mudah terwujud, ada beberapa Tips yang perlu dipenuhi dalam menentukan sebuah impian atau dream agar menjadi kenyataan, yaitu :

Spesifik

Impian atau cita-cita harus bersifat khusus atau spesifik. Artinya harus jelas dan detail, tidak bersifat general atau umum. Contoh impian yang bersifat umum diantaranya adalah "Saya ingin jualan banyak". Akan berbeda jika kita menulis " Saya akan berjualan mobil Toyota baru minimum 5 unit per bulan". Dengan resolusi yang bersifat spesifik ini, peluang untuk mencapaianya akan semakin besar.

Emosi Positif

Dalam menyusun sebuah dream, kita harus memounyai emosi positif, yaitu kondisi atau perasaan atau reaksi intens yang ditujukkan pada seseorang atau sesuatu. Emosi positif menggambarkan perasaan yang membawa keberuntungan. Contoh emosi positif diantaranya adalah bahagia, suka cita, senang, damai, rasa syukur, positif thinking dan sebagainya.

Emosi positif memudahkan kita dalam menentukan resolusi atau dream kita di masa mendatang dan memudahkan dalam mewujudkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2