Mohon tunggu...
Hariyanto Wijoyo
Hariyanto Wijoyo Mohon Tunggu...

insan yang mencoba menjadi hamba ALLAH yang mengejar ridho-NYA untuk menggapai jannah-NYA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Nikmatnya Berbagi di Hari Raya Idul Adha 1436H di Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru Kalimantan Selatan

26 September 2015   08:44 Diperbarui: 26 September 2015   09:07 0 0 0 Mohon Tunggu...



Hari Raya Idul Adha
atau Lebaran Haji yang diperingati seluruh umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijah bila dikaji secara “etimologis” memiliki makna pengorbanan dimana hal ini menjadikan setiap insan yang mengaku muslim untuk selalu bersikap tawdhu (rendah hati) dan ikhlas serta saling menyayangi dan berbagi antara sesama agar tercipta suasana persaudaraan yang damai dan toleransi nan ideal di muka bumi. Itulah sebabnya harai raya Idul Adha sering disebut juga sebagai hari raya Idul Qurban.

Demikian juga bagi jamaah dan pengurus Masjid Agung Al Munnawarah di Kota Banjarbaru Kalimantan, hari raya Idul Adha merupakan kesempatan untuk berbagi kepada sesama, terutama dalam mencari amal kebaikan di hadapan ALLAH SWT. Terutama bagi warga kompleks Perumahan Green Tasbih, yang lokasinya persis bersebelahan dengan Masjid Agung Al Munawwarah, kesempatan ini jangan sampai lewat begitu saja, sehingga tak heran bila sebahagian besar dari mereka terlibat dalam kegiatan pemotongan dan pembagian hewan kurban.

Bersama dengan warga lainnya yang datang dari sekitaran Masjid Agung al Munawarrah, mereka beramai-ramai, bahu membahu dan gotong royong berbagi tugas menyelesaikan pemotongan hewan kurban yang Alhamdulillah tahun 2015 ini berjumlah 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing, dan membagikan daging nya kepada mereka yang berhak. Ibu-ibu nya pun tak mau ketinggalan, mereka membantu menyiapkan konsumsi untuk para bapak-bapak yang asyik berjibaku dengan pisau, golok dan parang yang berlumuran darah. Semangat mereka dalam berkurban dan harapan akan ampunan, serta keteguhan dalam iman mewarnai hari yang penuh makna in, karena mereka yakin bahwa berkurban itu akan lebih berarti jika dilakukan untuk berbagi dan bukan untuk pribadi.

Bukan bulu atau darah yang menetes dari dari hewan qurban yang dinilai oleh ALLAH SWT, namun seberapa besar ketakwaan kita sebagai hamba-NYA dalam mengikuti perintah-NYA, itulah yang dinilai oleh ALLAH SWT. Berkurbanlah sekecil apapun karena bukan anda, mereka, kalian atau siapapun yang memberi pahalanya melainkan ALLAH SWT lah yang akan menilai dan memberi ganjaran pahalanya.

Di bawah saya sajikan beberapa foto yang sempat tertangkap lensa kamera dan menggambarkan Nikmatnya Berbagi di Hari Raya Idul Adha 1436H di Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru Kalimantan Selatan. Selamat menikmati sajian fotonya,,, Yaa Rabb, jadikanlah setiap helaan nafas kami sebagai bukti cinta kepada-MU, dan pengorbanan kami sebagai bukti kami mendekati-MU. Selamat merayakan Idul Adha 1436H, mohon maaf lahir batin.


Akad serah terima dari pihak yang ber-kurban kepada Ustadz Ibnu untuk diwakilkan ,menyembelih hewan kurban

 


Rapat Pemantapan Sebelum Hari "H"


Pusing Pala Berbie...mencocokkan jumlah hewan yang bakal dikurbankan dan data daging yang akan dibagikan

Siraman dulu sebelum menjalankan tugas agar tidak ngantuk


SIAP SIAAP SIAAAAPPPPP

KONTEN MENARIK LAINNYA
x