Mohon tunggu...
Haris Nur Rochman
Haris Nur Rochman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia

hobi berolahraga, kepribadian mudah bersosialisasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pentingnya Vitamin dan Mineral bagi Masa Pertumbuhan Siswa SD di SDN 1 Ngamprah

10 Agustus 2022   00:26 Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:36 119 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa UPI Bandung Kelompok 79 menggelar edukasi tentang pentingnya vitamin dan mineral bagi masa pertumbuhan siswa SD, di SDN 1 Ngamprah, Kamis (21/7/2022)

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi atau zat yang sangat berperan penting bagi tubuh dan merupakan salah satu indikator penentu kesehatan pada tubuh manusia. 

Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang sangat berperan penting untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan pada tubuh manusia sedangkan mineral merupakan mikronutrien yang berfungsi untuk proses pertumbuhan, pengaturan, dan perbaikan fungsi tubuh.

Kekurangan atau defisiensi terhadap vitamin dan mineral dapat menjadi masalah bagi kesehatan manusia sehingga menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh. Banyak yang tidak mengetahui bahwa gejala yang dirasakan pada tubuh merupakan akibat dari defisiensi suatu vitamin atau mineral tertentu sehingga seringkali terlambat untuk diketahui dan mengakibatkan perlunya kunjungan ke dokter.

Kebutuhan nutrisi harian setiap orang berbeda-beda, termasuk bagi anak-anak. Masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka agar dapat tumbuh optimal dengan sehat dan kuat.

Jenis-jenis mineral dan vitamin anak yang sebaiknya dipenuhi:

  • Vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga tumbuh kembang anak supaya tetap optimal sesuai usianya. Vitamin anak ini juga dapat menjaga kesehatan jaringan, tulang, kulit, dan memperkuat respons imun tubuh untuk memerangi infeksi.

  • Vitamin B. Vitamin B terdiri dari berbagai macam jenis, yaitu vitamin B1, B2, B3, B6, B12, asam folat, biotin, dan asam pantotenat. 
  • Kelompok ini dikenal dengan vitamin B kompleks. Manfaat vitamin B kompleks adalah untuk membantu fungsi metabolisme dan produksi energi.

  • Vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk kesehatan jaringan tubuh, seperti tulang, pembuluh darah, gusi, jaringan ikat, kulit, dan lain sebagainya. Vitamin C juga dibutuhkan untuk menguatkan daya tahan tubuh dan membantu menyembuhkan luka.

  • Vitamin D. Supaya anak dapat tumbuh tinggi dan kuat, kebutuhan vitamin D mereka harus terpenuhi. Selain untuk pembentukan tulang dan gigi, vitamin D juga dapat membantu dalam penyerapan kalsium.

  • Kalsium. Salah satu mineral yang memiliki fungsi sangat penting bagi tumbuh kembang anak adalah kalsium. Kebutuhan kalsium yang terpenuhi akan membuat tulang dan gigi anak tumbuh dengan padat dan kuat, bahkan hingga usia lanjut.

  • Zat Besi. Zat besi memiliki fungsi untuk membentuk otot dan menjaga kesehatan sel darah merah sehingga oksigen dapat didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari tentang vitamin dan mineral dengan cara melakukan gerak jalan sambil bermain dan berolahraga. 

Pada saat berolahraga, pemateri mengaitkan kembali tentang vitamin dan mineral. Contohnya, pada saat melakukan perjalanan atau pada saat berolahraga, tubuh kita otomatis mengeluarkan cairan (keringat).

 Ketika kita mengeluarkan banyak cairan, membuat kepala menjadi pusing atau membuat tenggorokkan menjadi kering, nah itu menandakan bahwa tubuh membutuhkan cairan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan