Mohon tunggu...
Mahsito
Mahsito Mohon Tunggu... Kreator

Hanya mahasiswa yang sedang grow up

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mie Ongklok Sajian Favorit Kota Wonosobo

23 Mei 2019   05:39 Diperbarui: 23 Mei 2019   05:57 0 0 1 Mohon Tunggu...

Kota Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah dengan diapit oleh Banjarnegara dan Magelang ini memiliki beberapa destinasi yang dapat memanjakan mata para wisatawan yang datang, tidak hanya dari dalam negeri saja tetapi juga ada yang dari luar negeri. Kota Wonosobo juga memiliki makanan khas yang wajib dicicipi ketika berkunjung, salah satu makanan khas yang terkenal dan sudah menjadi ciri khas KOta Wonosobo sendiri adalah Mie Ongklok.

MIe Ongklok merupakan makanan khas dari Kota Wonosobo yang terbuat dari mie kering yang diramu dengan sayur kol dan daun kucai terlebih dahulu baru di masukan kedalam air yang mendidih. Setelah di rebus, baru di masukkan bumbu sebagai kuah. 

Bumbu yang diberikan sebagai kuah hampir mirip dengan sambal kacang tetapi ini lebih kental serta ditambah kan kecap dan sambal jika konsumen ingin menambah rasa pedas. Biasanya mie ongklok ini disajikan dengan beberapa menu lainnya seperti sate daging sapi dan tempe kemul khas Kota Wonosobo juga. 

Sebagian orang mungkin akan kurang mneyukai makanan khas ini karena alasan kuahnya terlalu kental dan aneh kenapa penyajiannya seperti ini? Padahal jika sudah memakan ini dijamin akan membuat mereka yang mencicipi ingin makan terus dan terus. 

Rasanya yang gurih dan manis karena bumbu yang hampir sama dengan sambal kacang ini menambah cita rasa yang disajikan oleh penjual. Biasanya, mie ongklok ini dijual dengan semangkuk kecil dan dijual dengan harga yang pas dikantong para treveller dan dengan memakan semangkuk mie ongklok ini pun anda sudah merakasan kenyang dan bisa untuk mengganjal perut sementara.

Jika kalian ke Wonosobo untuk berlibur, jangan lupa untuk menikmati salah satu makanan khas Wonososbo ini, dan untuk kalian yang ingin mencicipinya juga tak susah untuk menemukan warung yang menyediakan mie ongklok, biasanya mereka akan buka pada waktu menejelang sore dipinggir jalan ataupun yang sudah mempunyai toko sendiri. Tetapi kini sudah ada yang mulai buka dari pagi hingga sore. Jadi jangan lupa untuk mencicipi mie ongklok ini pada saat berkunjung atau berlibur di Kota Wonosobo.