Mohon tunggu...
Hariana
Hariana Mohon Tunggu... baru mulai

manjadda wajadah

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya

26 Mei 2019   17:10 Diperbarui: 26 Mei 2019   17:18 0 0 0 Mohon Tunggu...

Wirausaha muda ekonomi kreatif berbasis budaya adalah pemuda yang berpikir dan bertindak untuk mengembangkan kreatifitas yang unik dan berbeda dengan yang lain sehinngga dapat lebih menguntungkan. Misalkan dengan mengembangkan produk-produk yang menjadi ciri khas suatu daerah baik kerajinan tangan maupun produk-produk lainnya.

Penggunaan  istilah-istilah yang berhubungan dengan kreatifitas memang cukup sulit. Untuk menumbuhkan wirausaha muda dalam bidang ekonomi kreatif berbasis budaya tentu memerlukan proses panjang, mulai dari menyiapkan sumberdaya manusianya hingga sumberdaya pendukung seperti ketersediaan dana, sarana, dan prasarana pelatihan yang memadai. Untuk lebih memudahkan proses penumbuhan wirausaha, muda di bidang ekonomi kreatif berbasis budaya maka perlu ada batasan umur, sehingga program penumbuhan dan pembinaan dapat dilakukan secara optimal.

Adapun kemungkinankemungkinan baru yang dikembangkan Schumpeter adalah:

Memperkenalkan produk baru atau kualitas baru suatu barang yang belum dikenal oleh             konsumen.                                                                                                     Melaksanakan suatu metode produksi baru dari suatu penemuan ilmiah baru, dan cara-cara baru    untuk menangani suatu produk agar lebih mendayagunakan keuntungan.                                                                   

Membuka suatu pemasaran baru, baik pasar yang belum pernah dimasuki cabang industri yang    bersangkutan atau sudah ada pemasaran sebelumnya.