Mohon tunggu...
Suharto
Suharto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Penulis blog http://ayo-menulislah.blogspot.co.id/, http://ayobikinpuisi.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Mengelola Kecemasan dan Berdamai dengan Duka

8 Juli 2021   17:29 Diperbarui: 8 Juli 2021   17:37 133 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengelola Kecemasan dan Berdamai dengan Duka
Seorang perempuan dalam kecemasan (Pixabay.com)

KEADAAN yang tidak terduga dan tidak normal serta berlangsung lama biasanya akan mudah memicu kecemasan. Pandemi Corona ini, misalnya. Kabar duka setiap hari bermunculan pada media sosial. Mau tidak mau, orang yang membacanya pasti akan diterpa kecemasan.

Kecemasan yang dibiarkan tanpa solusi tentu bisa menguras energi. Bahkan orang yang mengidapnya akan tidak nyaman dalam kesehariannya. Selera makan menurun, tidur tidak teratur, dan tidak bergairah beraktivitas, Semua ini akan berdampak pada kesehatan yang makin hari makin tidak stabil. 

Untuk mengatasi gangguan kecemasan memang bukan perkara mudah. Secara teori, kecemasan bisa dihilangkan jika penyebabnya diketahui. Kemudian berusaha menyingkirkan penyebab kecemasan tersebut. 

Langkah efektif untuk mengatasi kecemasan, apa pun penyebabnya, adalah dengan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Tak ada yang menyangkal jika dikatakan bahwa Tuhan adalah Pencipta alam semesta beserta isinya. Ia Maha Tahu, kejadian sekecil apa pun tak luput dari pengawasanNya. Hati kita akan tenang jika memasrahkan diri untuk meminta perlindunganNya.

Selanjutnya adalah hanya mengonsumsi berita media sosial dari sumber yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Bacalah artikel-artikel tentang makanan bergizi yang berdampak pada stamina tubuh, cara berpikir positif, atau cara memotivasi diri agar semangat menjalani hidup.

Disamping dua hal penting di atas, ada langkah-langkah tambahan untuk meredam rasa cemas yang berlebihan. Yakni menghindari kebiasaan lama yang kurang menyehatkan dan mulai melakukan kebiasaan baru yang positif. Berikut ada beberapa kebiasaan yang bisa dicoba. 

Hindari minuman berkafein

Konon, kecemasan bisa timbul karena minum minuman berkafein dalam dosis yang berlebihan. Beberapa minuman yang mengandung kafein itu antara lain; kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi.

Jika kita merasa mudah cemas dan gelisah setelah minum minuman berkafein, lebih baik kita menguranginya. Itu artinya tubuh tidak mampu menoleransi minuman berkafein dalam jumlah yang berlebihan.

Menulis/menggambar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x