Mohon tunggu...
Suharto
Suharto Mohon Tunggu... Penulis lepas

Penulis blog http://ayo-menulislah.blogspot.co.id/, http://ayobikinpuisi.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Cara Tepat Mengatasi Kerontokan Rambut pada Usia 30 Tahun

24 Juni 2021   15:20 Diperbarui: 24 Juni 2021   15:22 60 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Tepat Mengatasi Kerontokan Rambut pada Usia 30 Tahun
Rambut rontok berlebihan butuh perawatan yang tepat. (Pixabay.com)

PADA usia 30 tahun sudah lazim jika mengalami penurunan fungsi organ tubuh. Salah satunya adalah mulai mengalami kerontokan rambut. Jika dibiarkan tanpa solusi tentunya bisa mengakibatkan kebotakan.

Kata orang, rambut adalah mahkota. Menipisnya rambut bisa mempengaruhi penampilan. Dan lebih lanjut berdampak pada menurunnya rasa percaya diri.

Banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Kita harus tahu lebih dulu penyebabnya. Setelah itu kita memutuskan dengan bijak jalan keluarnya.

Rambut rontok yang berlebihan sehingga berpotensi timbulnya kebotakan boleh jadi karena faktor genetik atau keturunan. Kalau soal ini kita harus berbesar hati menerimanya. Tak ada manfaatnya menyalahkan nenek moyang kita.

Logikanya, seiring bertambahnya usia maka pertumbuhan rambut menjadi lambat. Dan rambut pun bukan semakin menebal tapi sebaliknya. Jadi kita harus ikhlas menerima kenyataan.

Untuk tumbuh kembang, rambut butuh asupan nutrisi. Jika pola makan kita kurang bergizi, tentunya berimbas pada pertumbuhan rambut. Jadi kita harus memperhatikan gizi makanan jika rambut mengalami kerontokan yang tidak wajar.

Dikutip dari Healthline, 9 April 2018, ada beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan mampu mengatasi masalah rambut rontok. Kita perlu mengonsumsinya jika ingin menjaga kesehatan rambut.

Berikut sumber makanan yang dapat menjawab permasalahan sekitar kerontokan rambut, antara lain; telur, sayur bayam, ikan berlemak (salmon), ubi jalar, alpukat, kacang-kacangan, paprika, tiram, udang, dan daging. 

Supaya hasilnya optimal, kita juga membutuhkan perawatan rambut secara fisik. Sejak dulu tanaman lidah buaya digunakan secara turun-temurun untuk merawat rambut agar sehat dan tak mudah rontok.

Konon, lidah buaya menyimpan 20 mineral, 12 vitamin, dan 18 asam amino di dalam daging daunnya yang sangat berguna untuk kesehatan kulit dan rambut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN