Mohon tunggu...
Suharto
Suharto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Penulis blog http://ayo-menulislah.blogspot.co.id/, http://ayobikinpuisi.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cara Bijak Memperlakukan Laptop agar Tak Mudah Lemot

16 Juni 2021   16:36 Diperbarui: 16 Juni 2021   16:45 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Laptop (Pixabay.com)

LIMA tahun yang lalu saya membeli laptop. Di etalase toko dipajang laptop berbagai merk yang ditempeli kertas berisi keterangan spesifikasinya. Sebagai orang awam, saya tidak tahu apapun tentang istilah teknis terkait perangkat elektronik ini. 

"Ada yang bisa saya bantu, Pak?" tanya seorang pelayan yang menghampiri saya. 

"Saya ingin beli laptop. Tapi saya bingung, pilihannya banyak sekali!" jawab saya terus terang.

"Kegunaannya untuk apa, Pak?" tanya pelayan itu sembari tersenyum.

"Untuk mengetik! Memangnya laptop bisa digunakan untuk apa saja?" saya balik bertanya.

"Banyak sekali fungsinya. Bisa digunakan mengetik, membuat tabel perhitungan, sebagai media hiburan untuk permainan, mendengarkan lagu, menonton film, editing foto dan video, serta alat komunikasi. Komponen perangkat laptop berbeda-beda disesuaikan dengan fiturnya. Dan harganya tentu berbeda juga, Pak!" kata Si pelayan. 

Menimbang kebutuhan dan uang yang ada di saku, saya memutuskan beli yang standar, cukup untuk tugas mengetik saja!

Memang menyenangkan bekerja memakai laptop. Tugas menulis menjadi lebih mudah. Dengan bantuan aplikasi office, saya dengan gampang melakukaan pemformatan teks dan font. Bisa menambahkan gambar, mengatur tata letak halaman, dan lain-lain.

Suatu saat saya bertamu ke rumah seorang kawan. Ketika itu ia asyik mengolah gambar dan foto di laptop. Saya penasaran dan bertanya banyak hal tentang kegiatannya itu. Kawan ini berbaik hati menjelaskan dan memberi software bajakan pengolah gambar dan foto pada saya.   

Sampai di rumah, saya pasang aplikasi pemberian kawan tadi ke laptop. Saya mempelajari cukup lama untuk bisa menggunakan semua fungsi software tersebut. Saya sangat menikmati keahlian ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun