Mohon tunggu...
Hardiman Maradong David
Hardiman Maradong David Mohon Tunggu... Karyawan swasta

Belajar menulis...

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Manchester United yang Dirindukan

30 April 2020   01:47 Diperbarui: 30 April 2020   01:50 62 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manchester United yang Dirindukan
Foto: sportige.com

Rindu akan prestasi, konsistensi dan mentalitas. Berat memang saat mendengar kabar pensiunnya Sir Alex Ferguson. Berat karena beliaulah yang telah memberikan rasa nyaman pada semua fans Manchester United, beliau juga telah menjadi jaminan jaminan prestasi dalam setiap musim kompetisi. Kejayaan yang telah dibangun sejak awal 90an, berbuah konsistensi atas prestasi sebuah klub sepakbola yang kini memiliki basis fans terbanyak di dunia.

Diawali pada era class of 92 yang merupakan sinyal awal bahwa kelak tim ini akan melewati raihan trofi juara liga milik rival abadi yaitu tim merah berlogo burung. Tidak usaha disebut siapa tim itu karena sebagian besar fans akan sangat sulit jika harus menyebut nama tim tersebut. 

Dari era class of 92 ini banyak pihak yang menyukai sepakbola takjub akan magis dan manisnya prestasi yang dilahirkan dari para pemain yang dibina sejak usia dini. David Beckham, Paul Scholes, Ryan Giggs contoh nama yang menjadi bagian dari era ini. 

Kumpulan anak muda pada era itu yang masih sangat amat tulus berprestasi akan hal yang dicintai. Treble winner pada musim 1998/1999 menjadi bukti sahi atas hasil kerja keras mereka. 

Dua gol pada masa injury time pada final liga champions merupakan hasil karya yang mampu membuat laga ini menjadi salah satu final terbaik dalam sejarah kejuaraan elit sepakbola Eropa. Mentalitas kuat untuk berprestasi, serta keinginan menang yang hadir bahkan sampai menit akhir merupakan kunci atas terciptanya prestasi tersebut.

Sedikit pengantar awal mula terbentuknya konsistensi akan kejayaan Manchester United. Prestasi seakan menjadi garansi saat musim baru dimulai. Dengan kepala tegak semua fansnya pasti selalu yakin setiap musim bahwa tim kesayangan merupakan calon kuat juara untuk setiap kompetisi yang diikuti. Para fans juga terbiasa memiliki pemain favorit yang mungkin saja fans dari tim lain membayangkan jika pemain tersebut merupakan bagian dari tim mereka. Van Nistelrooy, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney adalah nama bintang yang kemudian menjadi ikon selanjutnya. 

Puncaknya pada musim 2007/2008 dengan trio penyerang sekelas Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, dan Carlos Tevez memberi rasa khawatir para pemain belakang tim lawan, tajamnya barisan penyerang, peluang tercipatnya gol dan kemenangan atas pertandingan yang akan dilakoni. 

Keluar sebagai juara pada English Premier League dan UEFA Champions League sudah cukup memberikan betapa kuatnya tim ini ditambah gelar juara pada kompetisi kejuaraan dunia antar klub. 

Tanpa Carlos Tevez, pada musim 2008/2009 Manchester United kembali menjadi kampiun pada ajang EPL namun harus kalah di final Champions League dari Barcelonanya Pep Guardiola.

Nyaman adalah situasi yang terus terbentuk saat fans dari sebuah klub sudah terbiasa meraih prestasi atau minimal menjadi kandidat kuat calon juara bagi kompetisi yang dijalani. 

Banyak yang lupa bahwa Sir Alex pun hanya manusia yang merayakan ulang tahun dan selalu mengalami pertambahan usia seperti semua orang. Tahun 2013 resmi sudah sosok yang membangun rasa nyaman purna dari tugasnya sebagai manager. Sontak semua fans kalau tidak semua minimal bagi sebagian fans yang mengetahui sejarah tim ini termenung akan musim-musim kompetisi yang akan datang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN