Edukasi

Mengulas Sejarah Internet serta Perkembangan Media Daring

15 September 2018   03:15 Diperbarui: 15 September 2018   11:14 146 0 0
Mengulas Sejarah Internet serta Perkembangan Media Daring
dokpri

1. Sejarah Internet di Dunia

Internet merupakan jaringan komputer yang luas yang dapat menghubungkan dari perangkat komputer satu keperangkat komputer lain dimana didalamnya terdapat bermacam-macam sumber daya informasi. Pada tahun 1969 internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). 

Tujuan proyek ARPANET ialah merancang dalam bentuk jaringan sehingga dapat dipastkan seberapa besar informasi dapat dipindahkan dan dimana hal tersebut dapat dijadikan sebagai standar yang sudah ditentukan dalam pembangunan protokol baru yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 

pada awalnya tahun 1969 ARPANET hanya menghubungkan 4 situs yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Tahun 1972 ARPANET secara umum diperkenalkan ke publik dan berkembang pesat di seluruh daerah. Selanjutnya ARPANET membelah diri menjadi dua yakni MILNET yang di buat untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil yang ditujukan untuk keperluan non militer. gabungan antara kedua jaringan tersebut yang sering dikenal menjadi DARPA Internet dan kemudia disederhanakan kembali menjadi Internet.

2. Sejarah dan Perkembangan Media Online di dunia

Pada tahun 1969 kemunculan ARPANET merupakan kemunculan jaringan komputer yang sangat populer, setelah kemunculan ARPANET pada tahun 1971 muncul BBC yang menyuguhkan "teledata", selanjutnya di susul dengan adanya videotext pertama kali pada tahun 1971 sampai tahun 1975 berkembang hingga muncul adanya komputer berbasis online pertama kali pada tahun 1981 hingga tahun 1982. Kemunculan web jurnalisme pertama pada tahun 1993 dimulai adanya artikel berita online di New York Times, kemunculan berita online tersebut di susul dengan adanya koran online pertama pada web dan Yahoo di "Internet Index" pada tahun 1994.  

Tidak sampai pada kemunculan koran online saja tetapi pada tahun 1995 informasi berita online mulai berkembang yang mana isu pertama kali di publikasikan mengenai kabar bom di kota Oklahoma dari peristiwa inilah media online berkembang hingga terdapat 150 outlet  situs online di Amerika Serikat dilanjutkan pada tahun 1998 kegiatan media online mulai marak dan memicu adanya pers online dan tradisional.

3. Sejarah dan Perkembangan Media Online di Indonesia

Di Indonesia media online awalnya hanya memindahkan isi berita yang terdapat pada surat kabar ataupun koran yang diunggah kemedia online sehingga dapat dikatakan bahwa produk berita versi cetak dengan online tidak memiliki perbedaan hal ini terjadi pada tahun 1996-1997 dimana hal tersebut di lakukan oleh media online republika dan kompas terkecuali detik.com yang tidak memindahkan berita versi cetaknya kemedia online. Namun sayangnya dalam penerbitan berita versi cetaknya tidaklah bertahan lama sehingga detik.com kembali ke media online. 

Pada tahun 2000 terjadinya persaingan ketat dari berbagai media online lainnya selanjutnya pada tahun 2003 banyak bermunculan media online di Indonesia mencapai 500 media online.  Pada tahun 2005, media-media cetak beralih kemedia online dengan karakteristik dan keunikan masing-masing media online . Tahun 2007, diprediksi dengan bermunculannya banyak media-media online yang penyebaran informasinya real time dan pada tahun 2008 hingga sekarang media online semakin marak dan blog mulai booming.

referensi :

https://ayomenulisfisip.wordpress.com/jmm2018/

https://aji.or.id/