Hanung Prabowo

Serunya Off Road di Gunung Kidul

3 Agustus 2016   07:38 Diperbarui: 3 Agustus 2016   09:14 47
Perbukitan hijau di kawasan karst

Pada hari Jumat, 29 Juli 2016, kami akan mengadakan acara gathering di Yogyakarta. Dengan penuh semangat, pagi – pagi sekitar 05.30 kami berangkat dari Jakarta dan tiba di Yogyakarta pada pukul 07.00. Dalam agenda, kami akan mengunjungi Desa Wisata Bejiharjo, Gunung Kidul. Di sana kami akan berpetualang off road dengan menggunakan Jip Wisata dan menyusuri goa pindul.

Berkumpul di jip masing - masing
Kami tiba di Desa Wisata Bejiharjo sekitar pukul 11.00 setelah berkeliling Kota Jogja dan Gunung Kidul. Setelah sholat Jumát, kami makan siang dan siap untuk berpetualang menuju off road Jip. Mari kita berpetualang menjelajahi hutan dan sungai.................

Pada etape pertama... he... kami akan menyusuri jalan aspal. Pemanasan dahulu katanya. Saat di perjalanan, kami disuguhi pemandangan yang luar biasa, kebun dan hutan di tepi kanan kiri sehingga menambah sejuk petualangan waktu itu. Ada juga perumahan penduduk yang berbatasan dengan kebun dan hutan. Terdapat anak – anak yang menyambut kami seakan – akan ada artis lewat. He.,. Nuansa hijau terus terhampar di sepanjang perjalanan. Subhanallah, sungguh indah pemandangannya. Padahal disana kawasan karst tetapi masih terdapat perbukitan hijau yang sungguh luar biasa. Bagian pertama jalan aspal ini masih biasa – biasa saja karena jalan relative datar dan halus.

Perbukitan hijau di kawasan karst
Etape kedua yaitu jalan tanah yang bergelombang. Pada etape kedua mulai merasakan sensasi off road, kami mulai diajak mendaki dan menuruni jalan tanah yang berbatu. Mereka terus mengajak kami melintasi jalan bebatuan yang membuat kami harus berpegangan erat di mobil supaya tidak ikut terjatuh. Jalan semakin ekstrim, tanjakan 45 derajat membuat mereka semakin menambah kecepatan supaya mobil bisa menanjak dengan baik. Brum... Brum... Brum... Deru mesin semakin kencang. Kami disarankan untuk rileks saja mengikuti arah guncangan mobil supaya tidak kram.

Jalan tanah bebatuan yang bergelombang
Etape ketiga yaitu atraksi di tanah berlumpur. Pada bagian ketiga ini kami disuguhi pemandangan yang luar biasa. Para off roader menunjukkan kemampuan mereka untuk melakukan drifting masing - masing jip mereka. Jago - jago juga mereka melakukannya karena sudah latihan dan berpengalaman. Tepuk tangan bergantian dilakukan setelah satu  per satu selesai melakukan drifting yang membuat kami seakan naik roller coaster. Luar biasa……. Jalanan yang berlumpur membuatnya semakin licin dan lumpur mengotori pakaian kami. Setelah bergantian melakukan drifting, kemudian kami berkumpul dan melakukan foto bersama dengan latar belakang perbukitan dan jip mereka.

Drifting para off roader
Kemudian kami lanjut etape keempat yaitu sungai. Walaupun sungai tidak beraliran deras, tetapi sungai tersebut berbatu dan cukup dalam sehingga membuat kami berbasah – basahan ria. Jip tersebut sanggup melaju dengan baik walaupun permukaan air hampir menyentuh setengah badan mobil. Para off roader tersebut juga terus memacu kecepatan mobilnya sehingga air mengguyur kami yang berdiri di bagian belakang mobil Jip.

Menjelajah sungai
Saling mengguyur
Walaupaun ada mobil yang mengalami masalah pada saat di tengah jalan, hal itu tidak membuat kami kecewa. Kami merasakan sensasi off road yang luar biasa.

Terima kasih atas petualangannya Desa Wisata Bejiharjo, Gunung Kidul, Yogyakarta.