Mohon tunggu...
hanung prabowo
hanung prabowo Mohon Tunggu... Be a professional writer

Planner. Father. Writer. Badan Standardisasi Nasional.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tips Mengefektifkan Work From Home

2 April 2020   13:31 Diperbarui: 2 April 2020   14:16 93 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mengefektifkan Work From Home
wfh-5e858733097f3638415cf712.jpg

Saat ini dunia termasuk Indonesia saat ini terdapat wabah virus Covid-19. Hal itu membuat Presiden Indonesia Joko Widodo mengintruksikan untuk melakukan social distancing dan physical distancing kepada masyarakat Indonesia untuk mengurangi kegiatan di luar rumah yang tidak penting. Hal itu membuat pemerintah menerapkan sistem kerja work from home dan sekolah serta kuliah secara online.

Work From Home (WFH) adalah suatu model kerja jarak jauh dengan perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain pekerja tidak perlu datang ke kantor tatap muka dengan para pekerja lainnya dan biasanya disebut juga dengan remote working.

Sudah lebih dari 2 minggu ini sebagian pegawai di wilayah Jabodetabek dihimbau untuk bekerja dari rumah (WFH). Hal itu bertujuan untuk memutus rantai persebaran virus covid 19 dan melindungi masyarakat khususnya wilayah Jabodetabek. Namun, sebagian pegawai yang melakukan WFH harus melakukan adaptasi untuk berkerja dari rumah. Hal itu karena negara Indonesia belum biasa menerapkan sistem WFH dalam sebuah pekerjaan. Untuk mempersiapkan WFH, beberapa instansi yang telah menyiapkan perangkat digital dan informasi teknologi untuk membantu mereka supaya tetap bisa bekerja secara baik dari rumah. Pegawai yang melakukan WFH diharapkan dapat menggunakan perangkat digital secara efektif. Dampak dari hal tersebut yaitu kebutuhan internet kita yang akan digunakan jadi semakin naik. Hal itu karena untuk meeting online melalui sarana digital, diskusi melalui online dan sebagainya.

Work from home tersebut mempunyai tantangan yang sangat besar. Karena selain dituntut untuk tetap bekerja secara professional, kita juga harus tetap mengerjakan tugas kita secera maksimal walaupun di rumah. Tantangan tersebut terutama dihadapi oleh ibu rumah tangga, karena mereka bekerja di rumah maka secara otomatis mereka melakukan pekerjaan untuk rumah atau bisa disebut Work For Home.

Sebuah pilihan yang cukup sulit diantara harus bekerja secara professional dari rumah dan juga pekerjaan di rumah yang cukup banyak antara lain menemani anak belajar di rumah (yang juga harus belajar dari rumah), memasak sendiri karena dihimbau tidak keluar rumah, dan bersih – bersih rumah yang tentu saja dilakukan untuk kenyaman selama bekerja di rumah. Namun terkadang Work For Home lebih besar prosinya dibandingkan Work From Home sehingga cenderung kita tidak fokus dalam pekerjaan yang menyebabkan kinerja kita akan menurun.

Berikut beberapa tips sederhana untuk dapat mengefektifkan WFH

  1. Pastikan kuota internet mencukupi : Kebutuhan utama untuk WFH pasti kuota internet. Hal itu karena kita akan melakukan diskusi online atau rapat online (videoconference) dengan tim kita saat melakukan pekerjaan. Bila sedang tidak berdiskusi pasti kita juga membutuhkan referensi yang berasal dari domain tertentu untuk mengerjakan tugas kita
  2. Siapkan perangkat dan ruang khusus untuk bekerja : Walaupun di rumah kita harus menyiapkan peralatan seperti laptop atau computer dan ruang khusus tersediri. Ruang khusus ini tidak harus besar, namun dapat berupa meja kecil (untuk laptop) dan tempat yang nyaman untuk duduk. Selain itu dapat menggunakan headset atau earphone ketika melakukan meeting online (videoconference) supaya tidak terganggu dengan lingkungan di rumah kita.
  3. Tetapkan jam kerja : Ketika di kantor kita terbiasa dengan jam kerja yang telah ditentukan oleh institusi atau perusahaan. Namun bila di rumah, kita harus berkomitmen dan mempunyai kedisiplinan untuk menentukan jam kerja. Misalnya jam 8 pagi harus stay di depan lapro atau computer untuk melakukan pekerjaan. Bisa diselingi istirahat sebentar atau ketika waktu istirahat jam 12 siang. Walaupun tidak secara penuh di depan laptop tetapi usahakan tetap berkomitmen untuk fokus bekerja di saat jam kerja. (saya sendiri sulit dan akan terus mencoba.,. he.,.)
  4. Tetapkan target pekerjaan : Dengan menetapkan target pekerjaan kita selama WFH dari hari ke hari, maka WFH kita akan dapat efektif karena target dapat tercapai atau dilaksanakan walaupun tidak di kantor. Dengan menetapkan target, maka kita akan berusaha untuk komitmen dan displin dalam melaksanakan pekerjaan kita hingga mencapai target yang kita rencanakan.
  5. Komunikasi dengan keluarga : Karena kita bekerja dari rumah, maka keluarga menjadi yang terdekat dalam melakukan pekerjaan kita, bukan teman di kantor. Oleh karena itu, komunikasikan dengan keluarga terkait waktu bekerja, mendidik anak (yang juga mendapat tugas belajar), membersihkan rumah. Komunikasikan kepada keluarga bahwa kita sebenarnya bekerja tetapi dari rumah. Sehingga saat jam kerja kita harus focus untuk bekerja. Setelah jam kerja selesai, baru kita bisa bermain bersama keluarga. Hal itu supaya work from home tidak menjadi work for home.

Untuk itu, keadaan saat ini mungkin bisa dimaklumi karena adanya himbauan dari pemerintah. Namun kita juga berharap keadaan semakin baik dan kita bisa bekerja secara normal di kantor atau institusi masing – masing sehingga bisa lebih fokus dan professional dalam pekerjaana kita. 

VIDEO PILIHAN