Mohon tunggu...
hanung prabowo
hanung prabowo Mohon Tunggu... Be a professional writer

Planner. Father. Writer. Badan Standardisasi Nasional.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Sambut PON XIX Jabar dengan Meja untuk Tenis Meja Ber-SNI

5 September 2016   09:53 Diperbarui: 5 September 2016   11:54 153 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sambut PON XIX Jabar dengan Meja untuk Tenis Meja Ber-SNI
Pertandingan dengan menggunakan Meja Tenis Shiamiq (sumber:soloevent.id)

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX tahun 2016 akan segera dimulai…..

Olimpiadenya Indonesia tersebut akan  bertempat di Provinsi Jawa Barat. Berbagai macam cabang olahraga akan diadu dalam kompetisi tersebut. Mulai dari cabang sepakbola, atletik, bulutangkis, tenis, dan lain sebagainya.

Kali ini kita akan membahas cabang olahraga yang mempunyai peralatan SNI di dalamnya antara lain sepakbola, bulutangkis, dan tenis meja.

Tahukah anda bahwa sebenarnya peralatan – peralatan olahraga di pertandingan resmi di dunia harus mempunyai standar? Banyak alat –alat olahraga Indonesia yang diproduksi oleh negara lain. Sehingga kita harus mengimpor alat - alat olahraga tersebut untuk berbagai pertandingan di Indonesia. 

Lalu apakah Indonesia tidak bisa memproduksi alat - alat olahraga sendiri?? Jawabannya bisa... ya bisa.. bahkan kualitasnya telah sesuai dengan standar yang digunakan pertandingan internasional. Terdapat beberapa peralatan olahraga kita telah diproduksi sendiri dengan kualitas yang telah mempunyai Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Standar Internasional. Alat tersebut antara lain bola untuk sepakbola, meja tenis untuk tenis meja, kok untuk bulutangkis. Kita patut bangga bahwa kita bisa memproduksi alat - alat olahraga sendiri dan dapat digunakan pada pertandingan - pertandingan resmi di Indonesia termasuk PON XIX Jabar kali ini yang seharusnya dapat menerapkan peralatan olahraga yang ber-SNI. PON XIX Jabar juga saat yang tepat menunjukkan kualitas alat - alat produksi dalam negeri ke dunia internasional selain atlet - atlet Indonesia yang luar biasa prestasinya.

Kali ini kita akan bahas meja ber-SNI untuk tenis meja. Tenis meja merupakan olahraga yang berasal dari Inggris. Olahraga ini dimainkan oleh dua orang (tunggal) dan dua pasangan (untuk beregu). Pada permainan ini menggunakan beberapa peralatan yaitu bet atau raket (papan dari kayu yang dilapisi karet), bola, dan meja. Semua peralatan tersebut mempunyai ukuran dan kualitas standar. Khusus untuk meja, satu – satunya meja untuk tenis meja yang telah mempunyai sertifikat SNI pada tahun 2015, tepatnya SNI 0800:2014 untuk Meja Tenis Meja, adalah merk Shiamiq dengan produsen yaitu CV Shiamiq Terang Abadi di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Meja tenis ber-SNI ini telah banyak digunakan dalam kejuaran nasional maupun internasional, termasuk nantinya akan digunaan di PON XIX Jabar. Kita patut bangga karena Indonesia bisa memproduksi meja untuk tenis meja dengan kualitas yang telah sesuai dengan standar pertandingan yang diatur oleh ITTF (International Table Tennis Federation). Oleh sebab itu, meja tenis meja SHIAMIQ secara profesional sanggup mengakomodasi standar teknis yang dibutuhkan dalam pertandingan resmi tenis meja. Menurut Direktur CV Shiamiq, Lusia Soejarwati, menyebutkan bahwa  ITTF merekomendasikan bahwa meja tenis meja Shiamiq untuk mengikuti tes uji internasional yang akan digunakan dalam Paralympic. Keunggulan meja tersebut adalah tanpa sambungan dan ramah bagi difabel.

CV Shiamiq memperoleh sertifikat SNI (sumber : bsn.go.id)
CV Shiamiq memperoleh sertifikat SNI (sumber : bsn.go.id)
Tenis meja Shiamiq sendiri telah diakui oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional dengan SNI-nya dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pada hari Jumat lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi, telah melakukan kunjungan ke produsen meja untuk tenis meja tersebut. Pak menteri langsung mencoba dan mengakui bahwa kualitasnya tidak kalah dengan brand – brand ternama di luar negeri. Sehingga kita harus bangga produksi alat – alat olahraga kita sudah sesuai standar dan telah digunakan di berbagai kejuaran dalam negeri maupun luar negeri.

Proses Penandatangan oleh Menpora RI, Imam Nahrawi disaksikan direktur Shiamiq (sumber : www.kemenpora.go.id)
Proses Penandatangan oleh Menpora RI, Imam Nahrawi disaksikan direktur Shiamiq (sumber : www.kemenpora.go.id)
Tanda Tangan Menpora, Imam Nahrawi, dalam Meja Tenis Meja Shiamiq (sumber : pribadi)
Tanda Tangan Menpora, Imam Nahrawi, dalam Meja Tenis Meja Shiamiq (sumber : pribadi)
Selain alat - alat olahraga, juga masih banyak produk ber-SNI yang dapat kamu temui di belanjacerdas.id. Lihat dan pejari artikel - artikel menarik tersebut kamu jadi konsumen cerdas...

Salam Olahraga!! Salam SNI!!

VIDEO PILIHAN