Mohon tunggu...
Hantus Tommy
Hantus Tommy Mohon Tunggu... Saya bekerja di salah satu BPR (Bank Perkreditan Rakyat) swasta di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Alumni Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Bekerja di bidang perbankan segmen mikro, berasal dari kota Balikpapan (Kalimantan Timur) dan sekarang berdomisili di Pangkalan Bun (Kabupaten Kotawaringin Barat-Kalimantan Tengah).

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Listrik Pintar adalah Pola Hidup Hemat

21 April 2016   15:52 Diperbarui: 21 April 2016   16:00 44 7 6 Mohon Tunggu...

[caption caption="Kartu Listrik Pintar (sumber: @hantustommy)"][/caption]Awal sejarah kelistrikan yang ada di dunia ini, sejak zaman Yunani Kuno, seorang cendikiawan Yunani bernama Thales. Thales menemukan suatu fenomena yang unik dari batu ambar yang  telah digosok-gosok ternyata mampu menarik bulu. Hasil temuan fenomena ini, Thales menuliskan dalam catatannya.

Sehingga dari catatan Thales, bermunculan teori-teori tentang kelistrikan oleh para ilmuwan mulai dari Ampere, Faraday, Coulomb, dan Josehp Priestley. Yang paling berkonstribusi besar tentang kelistrikan adalah Michael Faraday. Seorang pria kelahiran Inggris, pada tanggal 22 September 1791 sehingga mendapatkan julukan sebagai ‘Bapak Listrik’.

Penemuan besar ini, membuat perubahan yang sangat cepat dalam pertumbuhan budaya manusia di dunia. Daerah-daerah terpecil yang awalnya tidak ada listrik menjadi ada listrik menerangi daerah-daerah tersebut. Adanya listrik membuat desa menjadi kota, dari kota kecil menjadi kota metropolitan serta bertumbuh industri-industri baru yang menggunakan daya listrik.

Pertumbuhan kebutuhan listrik ini menyentuh berbagai aspek kehidupan manusia. Sehingga manusia tidak lepas akan kebutuhan listrik dalam setiap kegiatan masing-masing.

Listrik Pintar

Selama ini, kita sebagai pengguna listrik yang dikelola oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggunakan listrik pasca bayar (menggunakan meter), yang setiap akhir bulan petugas meter mencatat ke rumah-rumah agar dapat ditagihakan di awal bulan berikutnya. Penggunaan listrik pasca bayar ini, kita sebagai pengguna harus pintar mengelola penggunaan listrik tiap harinya.

Penggunaan akan listrik semakin meningkat mengikuti pertumbuhan bangunan baik perumahan, perkantoran, apartemen, mall dan lainnya yang membuat pasokan listrik ke masyarakat makin bertambah.

PLN sebagai penyedia jasa, selalu melakukan inovasi baik teknologi meter dengan sistem pra bayar maupun alternatif sumber listrik untuk penerangan umum pada jalan raya dengan menggunakan teknologi tenaga surya. Hal ini dilakukan oleh PLN cabang Kota Balikpapan, beberapa bulan lalu memasang lampu jalan raya (penerangan umum) terutama di daerah yang masih minim penerangan umum tersebut.

[caption caption="Penerangan Umum dengan Tenaga Surya (sumber: @hantustommy)"]

[/caption]

[caption caption="Pemasangan Lampu Jalan Bertenaga Surya (sumber: @hantustommy)"]

[/caption]

[caption caption="Lampu Jalan Raya Tenaga Surya (sumber: @hantustommy)"]

[/caption]Pola Hidup Hemat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x