Mohon tunggu...
Hanter Oriko Siregar
Hanter Oriko Siregar Mohon Tunggu... Pemabuk literasi

Orang yang suka menemukan pertayaan di atas dasar pertayaan, dan mencari jawaban di dasari oleh jawaban. Kesimpulannya menjadi jawaban sekaligus merangkap pertayaan.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Selebaran Kertas dan Spesies yang Mati

13 Juli 2019   12:18 Diperbarui: 13 Juli 2019   12:28 0 1 0 Mohon Tunggu...
Selebaran Kertas dan Spesies yang Mati
Sumber: https://truththeory.com 

Menyimak informasi seputar lingkungkan yang beredar di dunia, permasalahan lingkungan semakin menakutkan masyarakat di berbagai belahan negara. Hal ini erat kaitannya dengan kondisi sekarang dan masa depan bumi yang akan datang.

Berbagai macam faktor kerusakan lingkungan menjadi trending topik, seperti pencemaran sampah plastik dan pemanasan global.

Persoalan lingkungan adalah permasalahan yang menjangkau seluruh aspek kehidupan. Kerusakan pada lingkungan memberikan dampak yang luas, serta dapat mengancam keberlangsungan seluruh makhluk hidup dan masa depan bumi. Untuk itu pemerintah harus benar-benar menjaga dan mengawasi segala aktivitas yang dapat merusak lingkungan.

Pada umumnya kerusakan lingkungan tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, akan tetapi berbagai macam faktor. Hampir seluruhnya kegiatan ataupun aktivitas manusia dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan.

Setiap kerusakan dan pencemaran lingkungan menjadi mimpi buruk bagi keberlangsungan makhluk hidup disekitarnya. Tak bisa kita pungkiri bahwa seluruh habitat yang melekat pada lingkungan tersebut---juga akan terganggu.

Salah satu aspek lingkungan yang bermasalah dapat berdampak luas dalam berbagai aspek lingkungan---sesuai dengan sifat lingkungan yang memiliki mata rantai relasi, yang saling mempengaruhi secara subsistem. Oleh karena itu masalah-masalah lingkungan lokal tidak saja hanya berdampak terhadap lingkungan sekitar, tapi juga berakibat terhadap kenyamanan masyarakat luas dan bahkan negara-negara tetangga.

Lingkungan seperti tubuh manusia, dimana salah satu organ tubuh atau bagian dari tubuh manusia yang mengalami luka, akan tetapi seluruh tubuh manusia akan mengalami dampak ataupun penderitaannya.

Misalnya, hutan Indonesia yang mengalami kebakaran pada tahun 2015. Dampak atau polusi udara yang ditimbulkan dari asap kebakaran tersebut memberikan pengaruh yang cukup besar pada kenyamanan masyarakat Indonesia dan juga warga negara tetangga.

Karna itu, permasalahan lingkungan sekecil apapun tidak boleh dianggap remeh-temeh. Terlebih lagi, Isu pemanasan global menjadi keluhan sekaligus ancaman yang menakutkan bagi masa depan umat manusia di bumi.

Cuaca yang tidak menentu, melahirkan ketakutan tersendiri terhadap keberlangsungan hidup manusia, terutama para petani, perkebunan dan nelayan. Ditambah lagi populasi udara yang kian makin buruk. Hal ini merupakan peringatan dari alam sekaligus ancaman.

Seperti yang ditulis oleh Rizki Nugraha di halaman facebook DW inovator. Dalam tulisannya memaparkan bahwa "baru-baru ini para ilmuan kembali memperingatkan bahaya kenaikan temperatur global yang meski angkanya kecil, bisa memicu bencana besar seperti kelaparan, kekeringan, banjir, dan kepunahan massal".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3