Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.
Lokasi : SMP N 58 Surabaya
Lingkup Pendidikan : SMP
Tujuan yang ingin Dicapai : Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca aksara Jawa
Tanggal : 13 Oktober 2022
Situasi :
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.Â
Kondisi yang menjadi latar belakang dari best practice ini adalah rendahnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Jawa khususnya materi aksara Jawa. Peserta didik kurang antusias dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik kurang melakukan latihan membaca aksara Jawa. Pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru tidak menyiapkan perangkat pembelajaran meliput RPP, Bahan Ajar, Media, LKPD, Instrumen Evaluasi, Kisi-kisi dan rubrik penilaian, model dan metode pembelajaran yang inovatif.
Praktik ini penting untuk dibagikan karena bisa meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jawa serta bisa menjadi referensi bagi sesama guru bahasa Jawa yang mengalami permasalahan yang sama.
Peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik pembelajaran ini adalah membuat desain pembelajaran yang kreatif dan menarik dengan menggunakan media, pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan pembelajaran Abad 21, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan secara efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi membaca aksara jawa.Â