Mohon tunggu...
Soimiyahud
Soimiyahud Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasantuy

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Umum

27 Oktober 2019   12:35 Diperbarui: 27 Oktober 2019   12:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

A. KONSEP DASAR FILSAFAT

1. Pengertian Filsafat

Filsafat adalah sebuah ilmu pengetahuan dimana logika, metode, dan sistem digunakan untuk  mengkaji masalah umum sampai mendasar mengenai berbagai jenis persoalan. Secara etimologi, istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu "philoshopia" dan "philoshopas", "philo"  memiliki arti cinta sedangkan shopia atau shopas memiliki arti kebijaksanaan.

2. Objek Kajian Filsafat

    Filsafat mempunyai dua objek kajian yang meliputi, yaitu;

   a. Objek materi filsafat yaitu hal yang dijadikan sasaran penyidikan atau segala sesuatu yang ada.

   b. Objek formal filsafat yaitu adalah usaha mencari keterrangan atau kejelasan suatu hal secara radikal atau secara dalam sampai ke akar-akarnya.

  3. Sebab-Sebab Munculnya Ilmu Filsafat

Ilmu filsafat muncul pertama kali di Yunani pada abad ke-7 sebelum Masehi. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai berpikir-pikir dan berdiskusi akan keadaan alam, dunia ,dan lingkungan di sekitar mereka serta tidak menggantungkan diri lagi kepada agama untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak mereka.

Mengapa filsafat muncul di Yunani? Mengapa filsafat tidak muncul aja di daerah lain yang beradab, seperti Babilonia, Israel, atau Mesir? Hal tersebut disebabkan karna di Yunani  tidak seperti di daerah lainnya. Maksudnya, di Yunani tidak ada kasta pendeta, sehingga secara intelektual orang-orang jadi merasa lebih bebas.

   4. Karakteristik Berfikir  Filsafat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x