Mohon tunggu...
Hanna Rouly
Hanna Rouly Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanna

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Strategi Komunikasi Bisnis dalam Mencapai Strategi Pemasaran Secara Online

23 Oktober 2021   11:17 Diperbarui: 23 Oktober 2021   11:30 584 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

   Belanja melalui online merupakan cara lain yang ditawarkan oleh teknologi komunikasi yaitu internet dengan berbagai kemudahan yang diberikan, seperti kemudahan waktu dalam melakukan pekerjaan tanpa harus bertatap muka terlebih dahulu.

Para konsumen belanja melalui online dapat dengan mudah mengakses online shop yang diinginkan, melihat pilihan barang, harga yang akan dibelinya, mengetahui kualitas barang melalui komen pembelinya dan cara pembayarannya. Kemudahan dan keunggulan belanja melalui online yaitu prosesnya, konsumen hanya membuka web online shop memalui internet bisa langsung melakukan transaksi online. Strategi komunikasi bisnis online melalui marketplace. Dengan memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya, marketplace juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, otomotif dan lain sebagainya.

   Sistem bisnis online sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan multinasional sampai pada pedagang retail kecil. Sistem bisnis jual beli merupakan komoditi utama yang menggunakan cara seperti ini, dimana dengan sistem penjualan yang seperti ini sangat memudahkan target pasar membeli yang dibutuhkan tanpa harus mengunjungi toko atau tempat penjualannya.

Menurut Menkominfo nilai transaksi belanja online (e-commerce) tahun 2013 mengalami peningkatan mencapai nilai nominal Rp. 13 triliun. Pasar e-commerce di Indonesia akan terus mengalami peningkatan, berdasarkan riset yang dilakukan ICD yang berkantor pusat di London, pertumbuhannya 42% dari tahun 2012 sampai 2015.

Besarnya pengguna internet di Indonesia merupakan potensi bagi ekonomi digital nasional, sehingga muncul e-commerce, toko online dan bisnis lainnya yang berbasis teknologi komunikasi/internet yaitu dengan mengembangkan aplikasi khusus belanja online yang dapat di download dan diinstal melalui smartphone. Aplikasi khusus ini membuat aktifitas belanja online semakin mudah dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Internet menjadi alat pemasaran yang efektif dan ideal bagi pelaku bisnis online shop, karena menjangkau jutaan orang dan dapat digunakan untuk mengejar target pasar yang terdiri dari sekelompok individu tertentu.

   Dalam dunia bisnis yang berskala kecil, menengah maupun besar, orang-orang yang berkecimpung di dalamnya (para pelaku bisnis) tidak dapat terlepas dari kegiatan komunikasi. Dengan adanya media baru seperti onlineshop, banyak  yang memanfaatkannya untuk berbisnis, ini adalah salah satu bentuk komunikasi melalui media jejaring sosial. Menurut Purwanto (2006:4), seorang komunikator yang baik disamping harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik juga harus mampu menggunakan berbagai macam alat atau media komunikasi yang ada untuk pesan-pesan bisnis kepada pihak lain secara komunikatif dan efisien sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai.

   Perkembangan komunikasi pemasaran tidak hanya dilakukan secara rutin saja. Pemasar kini juga menggunakan media baru seperti internet untuk menggantikan calon konsumen. Pemasaran media sosial merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi pemasaran tradisional.

Media sosial dengan segala keunggulannya dapat membantu dalam proses pemasaran. Dalam melakukan komunikasi pemasaran, perusahaan harus mengembangkan strategi untuk dapat mencapai semua rencana yang telah ditentukan. Strategi yang baik akan membawa keuntungan bagi terwujudnya tujuan perusahaan.

Penelitian ini membahas tentang strategi penggunaan onlineshop  sebagai media komunikasi pemasaran digital dalam penelitian ini, yaitu metode deskripsi kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik penelitian kepustakaan untuk memperoleh data dan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa Instagram direncanakan akan digunakan sebagai media komunikasi pemasaran digital.

  Meskipun pemasaran melalui Internet sudah terjadi dimana-mana, namun tidak semua online shop menggunakan komunikasi bisnis melalui Internet dengan cara yang sama dan tepat sasaran. Strategi pemasaran melalui bisnis media online kenyatannya cukup sulit dalam menembus pasar di Indonesia. Hal ini disebabkan karena begitu banyak perbedaan konsumen di Indonesia mulai dari cara berbelanja, mengapresiasikan suatu produk, promosi penjualan, keadaan ekonomi, perbedaan budaya dan perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendir bagi Online Shop.

  Ada tiga jenis media yang dapat dipergunakan dalam online marketing yaitu: media sendiri, media bersama dan media lain (advertsising site). Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing. Menurut Faztrack (2008) media sendiri adalah media yang dibuat oleh perusahan atu brand. Isi teks, grafik dan segala macamnya bisa diatur sesuai dengan keinginan perusahaan. (Faztrack, 2008:57) Media bersama (social media) adalah media yang dibangun oleh suatu pihak untuk orang banyak dengan kebijakan tersendiri. Ciri khas media ini adalah gratis (tanpa dikenakan biaya untuk penggunaannya) dan bersifat interaktif-komunikatif. Ketentuan konten yang dapat ditampilkan harus disesuaikan dengan aturan atau TOS pemilik media.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan