Kesehatan

Apa Saja Vitamin untuk Anak Susah Makan?

12 Juni 2018   09:28 Diperbarui: 12 Juni 2018   10:41 384 0 0
Apa Saja Vitamin untuk Anak Susah Makan?
kidvite.co

Banyak cara yang sebenarnya bisa ibu lakukan selain memberikan vitamin untuk anak susah makanIbu bisa cari tips bagaimana mengatasi masalah anak yang mogok makan. Namun, kebanyakan orang tua akan langsung berpikir untuk mencari vitamin.

Hal tersebut sangat wajar mengingat banyak juga iklan produk suplemen yang katanya bisa membangkitkan nafsu makan anak. Namun, apakah produk tersebut benar-benar bisa mengatasi masalah anak susah makan? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Ini tergantung apa penyebab anak susah makan.

Terlepas dari hal tersebut, ikhtiar yang satu ini layak untuk ibu coba jika sang buah hati tibat-tiba tidak mau makan. Memberikan vitamin tertentu sangan membantu untuk membangkiatkan nafsu makan anak.

Vitamin Untuk Mengatasi Anak Susah Makan 

Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan sebuah produk seperti suplemen penambah nafsu makan. Di dalamnya, terdapat kandungan vitamin untuk anak yang susah makan. Biasanya, di dalamnya ada minyak ikan yang dari dulu sering diberikan kepada anak-anak kecil. Tujuannya sama, yaitu agar anak lebih lahap ketika makan.

Namun, apakah vitamin itu saja yang dibutuhkan? Tentu saja tidak. Maka dari itu, sekarang ini semakin banyak produk yang diformulasikan untuk memastikan munculnya nafsu makan anak kembali. Contohnya saja Nutridrink Powder 400gIni juga dibuat untuk mengatasi masalah anak yang susah makan.

Sebelum membeli vitamin, ada beberapa hal yang seharusnya ibu pertimbangkan. Salah satunya adalah pertimbangan mengenai usia. Ibu harus pastikan produk ang ibu beli merupakan produk yang sesuai dengan usia sang buah hati. Ini menjadi sangat penting karena produsen membuat produk dengan komposisi vitamin yang disesuaikan dengan kebutuhan anak di usia tertentu.

Selain itu, pertimbangan lain juga mengenai kandungan vitamin. Apakah ibu berpikir semakin tinggi kandungan vitaminnya itu lebih baik? Jangan sampai ibu berpikir seperti itu. 

Belum tentu produk dengan kandungan vitamin yang lebih banyak itu lebih baik. Bisa saja justru vitamin dengan dosis terlalu tinggi membahayakan kesehatan anak.

Pertimbangan penting selanjutnya adalah keamanan. Bahkan, ini harus menjadi pertimbangan paling utama. Jangan tergiur dengan harga vitamin yang murah. Seharusnya ibu memilih vitamin untuk anak susah makan yang legal alias sudah mendapatkan ijin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Jangan Mengandalkan Vitamin Saja

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sangat wajar ketika orang tua akan langsung memberikan vitamin ketika anak susah makan. Tujuanya jelas, yaitu agar nafsu makanya kembali lagi.

Akan tetapi, dokter anak tidak menyarankan orang tua hanya mengandalkan vitamin saja. Pasalnya, ini hanya satu dari banyak upaya untuk mengatasi masalah anak susah makan.

Lalu, apa hal lain yang harus ibu coba?

  • Atur Jadwal Makan
  • Banyak orang tua yang tidak mengira jika ternyata faktor penyebab anak tidak mau makan karena ia sudah merasa kenyang. Dan ini disebabkan jadwal makan yang tidak teratur.
  • Lain hal jika jadwal makan teratur. Sistem pencernaan pun tahu kapan waktunya untuk mencerna makan sehingga tubuh pun merespon dengan rasa lapar.
  • Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang ibu atur kembali jadwal makan. Setidaknya ibu menentukan jam berapa anak harus sarapan, jam berapa anak harus makan siang, dan jam berapa anak harus makan malam.
  • Kurangi Cemilan
  • Anak tidak mau makan bisa saja karena sudah merasa kenyang. Jika anak terbiasa mengkonsumsi cemilan, pantas jika ia menolak makan.
  • Oleh sebab itu, kurangi memberikan cemilan. Berikan cemilan tidak pada saat anak harus makan makanan utama. Harus ada jeda antara memberikan cemilan dengan waktu makan anak.
  • Kurangi Susu
  • Untuk orang dewasa, susu tidak membuat perut kenyang. Namun, tidak bagi anak. Anak kecil sudah merasa kenyang setiap kali minum susu.
  • Itulah mengapa para dokter anak menyarankan agar anak tidak diperkenankan minum susu sebelum makan. Susu bisa dikonumsi setelah makanan sudah habis. Itupun harus ada jeda antara makan dengan minum susu.
  • Ganti Menu
  • Percuma saja jika ibu memberikan vitamin untuk anak yang susah makan jika ternyata anak mogok makan lantaran bosan dengan menu yang sama setiap hari. Maka dari itu, ibu bisa coba untuk menyiapkan menu makanan yang beda. Sajikan dengan cara yang berbeda. Jika perlu, ibu ajak anak untuk membeli peralatan makan. Sajikan makanan di peralatan makan yang ia pilih sendiri tersebut. Anak cenderung tertarik mengkonsumsi makanan yang disajikan di tempat yang menarik.

Jadi, sudah tahu kan bu apa saja yang ibu bisa coba lakukan untuk mengatasi anak susah makan?

Tentu saja itu semua hanya cara. Pada praktiknya, cara tersebut tidak lantas langsung membuat anak mau makan lagi. 

Ada proses yang bisa saja panjang bisa saja pendek. Ini tergantung pada faktor penyebab anak tidak mau makan serta cara yang ibu gunakan.

Yang pasti, jangan sampai ibu paksa anak untuk makan. Memaksa justru akan membuat anak semakin tidak mau makan. Memaksa membuat anak trauma dengan makanan. Hal tersebut justru akan semakin membuat ibu kesulitan untuk membujuk anak agar mau makan lagi.

Selagi anak tidak mau makan, ibu bisa berikan susu anak terbaik atau minuman yang bergizi. Dengan demikian, anak tidak dehidrasi. 

Berikan cemilan yang mengandung gizi tinggi seperti biscuit sebagai pengganti makanan untuk sementara. Ibu juga jangan sampai salah dalam memilih vitamin untuk anak anak susah makan.