Mohon tunggu...
Khafidhotul Khasanah
Khafidhotul Khasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Produktif di Tengah Pandemi: Dari Membaca Buku hingga Membaca Peluang Usaha

8 Agustus 2020   16:57 Diperbarui: 8 Agustus 2020   16:48 48 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Produktif di Tengah Pandemi: Dari Membaca Buku hingga Membaca Peluang Usaha
dok. pribadi

Batang (08/08/20), COVID-19 telah menjadi pandemi global sejak diumumkan oleh WHO pada 11 Maret 2020. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa hampir semua provinsi di Indonesia telah terdeteksi COVID-19, sehingga pemerintah memberlakukan beberapa kebijakan seperti social dan physical distancing, belajar dan bekerja di rumah, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kebijakan ini mengharuskan masyarakat untuk bekerja, beribadah, dan belajar di rumah. Salah satu dampak yang paling terlihat adalah kebijakan belajar di rumah oleh menteri pendidikan.

Melalui rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Universitas Diponegoro mengajak masyarakat RT 04 RW 03 Desa Ujungnegoro, Kabupaten Batang, khususnya pemuda dan pelajar untuk terus produktif selama masa pandemi ini, mulai dari kegiatan kecil seperti membaca buku hingga membaca peluang usaha Aquascape yang ada di tengah pandemi ini.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN UNDIP yang kali ini mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang dilakukan di lingkungan tempat tinggal mahasiwa masing-masing, mahasiswa KKN UNDIP mengusung dua program kegiatan yaitu pengadaan Pojok Baca untuk anak-anak dan Pelatihan Aquascape untuk remaja. 

Mahasiwa mengajak masyarakat untuk sadar dan terus peduli akan kondisi yang kurang menguntungkan bagi anak-anak sekolah di masa pandemi ini. Melalui sosialisasi program pengadaan PUB-G for students (Pojok Untuk Baca dan sosialisasi Gemarikan untuk siswa), mahasiswa bersama masyarakat bahu-membahu membantu dan mendukung anak-anak untuk terus belajar di tengah pandemi ini dengan bekerja sama mengumpulkan buku yang dapat menunjang kegiatan belajar dan menambah wawasan anak-anak serta beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Kegiatan Pengumpulan Buku untuk Program Pojok Baca (dokpri)
Kegiatan Pengumpulan Buku untuk Program Pojok Baca (dokpri)

Pengadaan pojok baca ini dibantu oleh masyarakat dan Perpustakaan Desa dengan ikut menyumbangkan bukunya untuk dibaca oleh anak-anak. Pojok Baca untuk anak-anak ini dibuka sejak Senin (20/07/20) yang disambut baik oleh anak-anak, selanjutnya Pojok Baca ini dibuka setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at.

Pojok Baca akan terus dilanjutkan dan disesuaikan dengan kebutuhan ank-anak. Selain itu, pelaksanaan program pojok baca ini didampingi dengan kegiatan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) kepada anak-anak yang cenderung kurang suka makan ikan.

Bersama Pengunjung Pojok Baca (dokpri)
Bersama Pengunjung Pojok Baca (dokpri)

Berbeda dengan anak-anak yang cenderung menghabiskan waktu untuk belajar, remaja cenderung tertarik dengan kegiatan yang sedang menjadi trend sekarang ini seperti kegiatan bersepeda dan Aquascape. Kegiatan bersepeda sih sudah jelas ya, nah kalau Aqauscape itu apa? 

Aquascape merupakan salah satu seni menghias akuarium yang dibuat dengan mengkombinasikan berbagai tanaman hidup, organisme akuatik (ikan hias, udang, dan sebagainya), serta ornamen-ornamen alam seperti batu dan ranting hingga membentuk suatu ekosistem yang seimbang di dalamnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x