Mohon tunggu...
Hani Rai
Hani Rai Mohon Tunggu... Petani - Belajar jadi petani

blogging, handcrafting, journaling, eco farming

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Resolusi Sehat : Menaikkan Berat Badan

20 Januari 2022   17:40 Diperbarui: 20 Januari 2022   17:44 427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rak bumbu di dapur (dok pribadi)

Mungkin aneh dan sedikit melawan arus. Tapi di 2022 ini saya ingin berat badan saya naik ! Nggak enak dibilang underweight dan Hb di bawah standar sehingga nggak lolos screening donor darah !

Sebetulnya beberapa tahun yang lalu berat badan saya mendekati ideal, tapi karena ingin mengatur pola makan, berat saya jadi turun dan susah naikinnya.  Ya, badan kurus itu kalau kata Pak Dokter juga ada kaitannya dengan imbalance hormon. Jadi agar hormonnya seimbang, salah satu caranya selain dengan olah raga ya dengan menaikkan berat badan.

Bagi saya, ada beberapa alasan untuk menjaga hidup sehat.

Pertama, hidup sehat itu soal merubah mind set dan menata kebiasaan. Kalau kita bisa menata mind set untuk hidup sehat dan turunan di belakangnya, maka fokus pada tujuan itu bisa memudahkan berjalannya proses.

Kedua, menjaga hidup sehat itu kebutuhan dan tanggungjawab sebagai manusia. Hidup dengan riwayat keluarga  diabet  dan kanker membuat saya was-was. Konon penyakit itu ada faktor bakat keturunan, selain memang karena gaya hidup. Yeah..  

Jadi ini niatan saya di tahun 2022. Bismillah semoga bisa terlaksana :

Pertama, menaikkan berat badan dengan cara yang sehat

Gimana caranya ? Makan makanan sehat sealami mungkin, bumbu dan bahan alami, hindari micin dan produk berpengawet. Mengapa ? Karena demikian pesan dokter yang menangani kesehatan orang penting dalam hidup saya. 

Aneka rupa saos kemasan, sambal, kecap botolan sudah mulai hilang dari piring. Gantinya adalah kecap tanpa pengawet (yang berjamur kalau tidak masuk kulkas setelah dibuka segelnya), sambal dari cabe asli, perasa dari bahan asli (misal jamur, ayam kampung) atau bumbu non msg terpercaya dengan ingredients yang jelas.

Picky eater ya ? Iya, dan saya sadar, kadang ini senjata makan tuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun