Mohon tunggu...
Hani N.R.A
Hani N.R.A Mohon Tunggu... Lainnya - Student of MBA in Tech President University

Amateur writer

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Marketing Modern Strategy di Era Digital

7 Maret 2021   00:36 Diperbarui: 7 Maret 2021   01:44 999
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Di era digital ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi dengan istilah start-up mulai dari sektor transportasi, kesehatan, belanja online, layanan video streaming dan lain-lain. Dibalik perkembangan teknologi, aspek lain dalam bisnis ikut berkembang mengikuti kemajuan zaman termasuk aspek marketing. Dibalik suksesnya perusahaan- perushaan berbasis teknologi terdapat strategi marketing yang mumpuni yang disebut sebagai strategi marketing modern.

Strategi maketing modern adalah pendekatan yang terintegrasi dan agile untuk pengembangan merek dan customer relationship management, yang memfasilitasi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di era digital melalui inovasi, teknologi, creative strategy, dan data analisis. Tidak seperti metode pemasaran tradisional yang berfokus pada penjualan melalui satu atau dua saluran, terlepas dari hasilnya, strategi marketing modern berkembang seiring dengan perubahan pasar. Melalui analisis dan pengoptimalan yang konstan, perusahaan/brand dapat terhubung dengan pelanggan di berbagai media dan perangkat. Didalam strategi marketing modern terdapat 5 elemen yaitu sosial media marketing, affiliate marketing, email marketing, internet ads, and product placement.

  • Social media marketing

Social media marketing adalah salah satu elemen paling populer dari digital marketing. Menggunakan platform media sosial secara efektif dan gratis merupakan cara yang mudah untuk mempromosikan produk dimana marketer bisa menemukan dan menjangkau pelanggan dan calon pelanggan. Selain itu marketer bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk menciptakan engagement. Dari 7 miliar populasi didunia, ada 3 miliar orang aktif di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagam, tiktok dan lain lain. Social media marketing adalah teknik pemasaran yang cocok untuk setiap jenis bisnis yang membutuhkan visibilitas yang lebih baik di dunia maya.

  • Affiliate marketing

Affiliate marketing mungkin masih terdengar asing, namun sudah banyak diaplikasikan di dunia online marketing. Affiliate marketing adalah proses promosi produk atau jasa dari tiga sisi yaitu penjual, afiliasi, dan konsumen. Afiliasi menjadi jembatan untuk menggaet konsumen. Di Indonesia beberapa perusahaan transportasi online di awal kemunculannya menggunakan affiliate marketing untuk menarik banyak user berupa kode atau link referral. Semakin banyak orang yang menggunakan kode/link referral semakin banyak juga voucher/diskon yang diterima afiliator.

  • Email marketing

Saat ini kebanyakan orang memeriksa email mereka beberapa kali sehari, karena semua akun social media, aplikasi transportasi/belanja online dll terhubung dengan email untuk mengirim pemeberitauhan promosi invoice dll. Email marketing sedikit berbeda dari social media marketing karena ini adalah cara yang lebih efektif untuk berhubungan dengan orang-orang yang sudah terlibat dengan brand/produk, sementara social media lebih efektif dalam menarik perhatian diawal promosi. Email marketing baik untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan memiliki potensi akuisisi konsumen baru yang jauh lebih besar dibandingkan yang lain. Menurut WBR Digital, keberhasilan akusisi konsumen baru jenis ini mencapai 81%, jauh lebih besar ketimbang social media marketing yang bahkan hanya 51%.

  • Internet ads

Internet ads adalah sebuah bentuk pemasaran periklanan yang menggunakan internet untuk menyampaikan pesan pemasaran dan promosi kepada konsumen. Mulai dari banner ads, Search Engine Marketing (SEM), iklan di jejaring sosial, email marketing, sampai ke iklan baris online. Online advertising merupakan salah satu cara yang paling cepat berkembang untuk menjangkau audiens atau target Anda. Contoh internet adds adalah google adds, facebook adds, Instagram ads dan lain lain.

  • Product placement

Product placement juga dikenal dengan sebutan embedded marketing. Artinya, teknik pemasaran yang menyatukan produk atau brand dalam sebuah aktivasi atau program, seperti program televisi, youtube video, event, sports, video games, maupun film.

Kesimpulannya, ada beberapa marketing modern strategy yang berbeda yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online. Dari social media hingga product placement. Selain mudah digunakan bagi para pemula, dari segi biayapun sangat terjangkau namun bisa menghasilkan performa promosi yang luar biasa, cepat dan bisa menjangkau ke seluruh dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun