Mohon tunggu...
Hanif Raihan Ramadhan
Hanif Raihan Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mulawarman angkatan 2022 yang memiliki hobi traveling serta menjelajah tempat-tempat baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Merasa Jenuh Saat Kuliah? Inilah Cara Mengatasinya

2 Oktober 2022   00:55 Diperbarui: 2 Oktober 2022   01:05 162 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : posmetro-medan.com

Kuliah merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, namun ada beberapa mahasiswa yang merasa jenuh dalam menjalani perkuliahan. Beberapa alasannya yaitu padatnya jadwal perkuliahan serta banyaknya kegiatan kampus, sehingga mereka dituntut untuk bisa mengatur waktu. Tak jarang beberapa mahasiswa terkadang tidak masuk kuliah alias bolos dengan berbagai alasan yang ada.

Jika hal ini terus-menerus dilakukan, maka akan berdampak buruk bagi mahasiswa. Beberapa dampaknya yaitu ketinggalan materi, tidak bisa mengikuti ujian, hingga lambat lulus. Maka dari itu hal ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi rasa jenuh saat kuliah.

1. Ingatlah selalu kedua orang tua 

Ketika kamu merasa jenuh saat kuliah maka ingatlah bahwa kedua orang tua telah bekerja keras hingga kamu bisa berada diposisi ini. Jika kuliah tidak maksimal, tentunya kedua orang tua akan kecewa. Maka dari itu kita harus memiliki tekad untuk bisa membahagiakan kedua orang tua kita. Dengan begitu kamu akan memiliki semangat dan motivasi yang kuat untuk bisa meraih tujuan yang inginkan.

2. Ingat tujuan awal kuliah

Tentunya kamu memiliki alasan dan tujuan mengapa harus melanjutkan Pendidikan di perguruan tinggi. Dari ingin meraih cita-cita, menambah wawasan serta ilmu pengetahuan, membahagiakan kedua orang tua, dan sebagainya. Dengan begitu kamu harus memiliki rasa tanggung jawab atas pilihanmu tersebut.

3. Manfaatkan waktu libur untuk refreshing 

Jika memiliki waktu libur seperti hari minggu, sesekali pergi refreshing untuk menyegarkan kembali otak dan pikiran. Kamu bisa pergi mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, selain untuk refreshing, hal tersebut dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan lainnya. Namun yang perlu kamu ingat adalah kamu harus bisa memilih tempat-tempat yang positif dan tentunya bermanfaat bagi kamu.

4. Gunakan waktu istirahat yang baik

Padatnya jadwal kuliah serta aktivitas lainnya membuat kamu harus memiliki kondisi fisik dan Kesehatan yang baik. Gunakan waktu istirahat yang maksimal untuk tetap menjaga kondisi tubuh dan Kesehatan. Hindari keseringan begadang karena tidak baik bagi Kesehatan, karena kebanyakan mahasiswa sering begadang untuk mengerjakan tugas. Hal ini tentunya tidak baik bagi Kesehatan dan tentunya tidak bisa maksimal saat mengikuti perkuliahan karena mudah Lelah dan mengantuk. Dengan begitu kamu harus bisa mengatur waktu istirahat agar kondisi tubuh dan Kesehatan tetap terjaga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan