FITK UIN WALISONGO SEMARANG
NAMA Â Â Â Â Â : HANI FATIMATUSHOLIHAH
NIM Â Â Â Â Â Â Â Â : 1903016017
KELAS Â Â Â Â Â : PAI-4A
TEMA Â Â Â Â Â Â : KONSEP DASAR PSIKOLOGI PERKEMBANGANÂ
DAMPAK PERCERAIAN TERHADAP PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK
PENDAHULUANÂ
         Psikologi perkembangan sendiri telah dirumuskan sebagai cabang ilmu yang membahas tentang tingkah laku manusia yang sedang dalam taraf perkembangan mulai dari konsepsi sampai tua dan selanjutnya, berdasarkan pertumbuhan, kematangan, belajar dan pengalaman. Kedudukan psikologi perkembangan adalah sebagai bagian dari psikologi.
         Perkembangan, diartikan sebagai suatu proses ke arah yang lebih sempurna, dan tidak begitu saja dapat diulang kembali (Monks, dkk, 1998). Secara umum proses perkembangan dapat diartikan sebagai rentetan perubahan yang terjadi dalam perkembangan sesuatu. Adapun maksud kata proses dalam perkembangan ialah tahapan-tahapan perubahan yang dialami seseorang, baik yang bersifat jasmani maupun yang bersifat rohaniah. Proses dalam hal ini juga berarti tahapan perubahan tingkahlaku seseorang, baik yang terbuka maupun yang tertutup.
      Adapun manfaat dari mempelajari ilmu Psikologi Perkembangan sendiri diantaranya yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/ atau perkembangannya. 2) Untuk mengetahui tingkat pemampuan individu pada setiap fase perkembangannya 3)Untuk mengetahui kapan individu bisa diberi stimulus pada tingkat perkembangan tertentu. 4) Agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak. 5)Khusus bagi guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak. Â
      Menurut beberapa para ahli, ada beberapa fase atau periodisasi psikologi perkembangan individu, yaitu: