Mohon tunggu...
Hanifa Rahma Fatiha Azzahra
Hanifa Rahma Fatiha Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi - UIN Sunan Kalijaga

Berusaha berbagi tulisan yang bernilai guna. IG: @hanifa.nipeh

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Konsep "Edutainment", Menggabungkan Edukasi dengan Hiburan

14 Juni 2022   13:24 Diperbarui: 14 Juni 2022   13:38 4129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi film sebagai media edutainment. Sumber: Pixabay

Mayoritas dari kita tentu pernah mengalami fase bosan dalam belajar. Biasanya perasaan bosan itu timbul karena gaya belajar yang monoton atau begitu-begitu saja, tanpa ada inovasi baru dan juga terkadang tidak sesuai dengan cara belajar kita.

Apalagi, di era kemajuan teknologi yang serba digital saat ini, kita justru lebih menikmati belajar di luar kelas, seperti lewat film atau podcast. Walaupun sebenernya, tetap ada juga yang menikmati belajar di dalam kelas dengan metode yang seperti pada umumnya.

Nah, di zaman sekarang, fenomena menggabungkan antara pendidikan dan hiburan ini, akhirnya menjadi salah satu alternatif atau pilihan lain ditengah kejenuhan dalam proses belajar.

Memahami definisi edutainment

Edutainment berasal dari dua kata dari Bahasa inggris, yaitu education dan entertainment, "education" berarti pendidikan dan "entertainment" berarti hiburan. Jadi, secara sistematis, edutainment adalah pendidikan yang menyenangkan atau menghibur.

Dilansir dari American university school of education, edutainment adalah praktik edukasi yang mengkombinasikan antara pendidikan dengan entertainment atau hiburan, baik yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas.

Sedangkan, menurut merriam webster dictionary, edutainment adalah hiburan atau entertain yang dibuat untuk tujuan edukasi atau pembelajaran.

Nah, dapat disimpulkan bahwa edutainment ini kuncinya adalah pada edukasi atau pendidikannya. Hanya saja menggunakan entertain atau hiburan sebagai alat atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Dan konsep ini tentu bisa kita pakai di dalam atau di luar kelas. Media yang digunakannya pun bisa bermacam-macam. Misalnya, melalui film, drama, teater, musik, sastra, games, dan segala macam jenis hiburan lainnya.

Di era digital ini, pendidikan atau proses belajar memiliki tantangannya tersendiri. Misalnya, dunia pendidikan yang harus bersaing dengan dunia hiburan. Akhir-akhir ini, banyak konten hiburan yang edukatif dan layak buat kita tonton, terutama untuk yang masih sekolah atau kuliah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun