Mohon tunggu...
Hanifah HanunDzakiyah
Hanifah HanunDzakiyah Mohon Tunggu... long life learner

mari belajar, mari menebar manfaat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

[Press Release] KKN Covid-19 UNS 2020, Mahasiswa Tebarkan Manfaat bagi Masyarakat di Rumah Aja

4 Juli 2020   13:15 Diperbarui: 4 Juli 2020   13:20 79 0 0 Mohon Tunggu...

Sejak pemerintah menetapkan kota Solo dengan status KLB dan memberlakukan lockdown, hampir seluruh mahasiswa memutuskan untuk kembali ke rumah masing-masing. Banyak kegiatan tertunda salah satunya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang perlu dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Sebelumnya, KKN ini dilaksanakan di daerah yang ditunjuk oleh kampus atau KKN mitra dengan mahasiswa mencari daerah sesuai minat. Namun adanya kejadian ini, pihak UP-KKN UNS membuat kebijakan untuk mengubah KKN tematik dan kemitraan tersebut menjadi KKN era Covid-19 yang dilaksanakan di sekitar tempat tinggal mahasiswa.

Salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan KKN era Covid-19 berada di kota Madiun, tepatnya di Perumahan Bumi Mas II RT 58/14, Kec. Taman. Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan tersebut yaitu Hanifah Hanun Dzakiyah (K3517025) dibawah bimbingan Prof. Drs. Hasan Fauzi, MBA, Ph.D., Ak sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  Pada pelaksanaan KKN ini, ia mengambil tema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19. Kegiatan ini berjalan selama kurang lebih 45 hari terhitung sejak tanggal 15 Mei 2020 sampai dengan tanggal 30 Juni 2020.

Sesuai himbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan tidak mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, maka kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyebaran video animasi untuk mengedukasi masyarakat terkait penjagaan diri selama pandemi ini. Kemudian ia juga menempelkan poster-poster protokol kesehatan di tempat-tempat strategis di perumahan seperti masjid dan pos kampling. Tak cukup sampai disitu, ia juga menerapkan budidaya hidroponik, budidaya ikan dan tanaman dalam ember (BUDIKDAMBER), dan budidaya bawang merah dalam pot. Fungsi dari budidaya ini untuk mensupport masyarakat agar meminimalisir keluar rumah dan meningkatkan produktivitas masyarakat walaupun hanya di rumah. Hanifah juga mendokumentasikan kegiatan tersebut dalam bentuk booklet tutorial budidaya secara hidroponik, budidaya ikan dan tanaman dalam ember (BUDIKDAMBER), dan budidaya bawang merah dalam pot yang kemudian booklet tersebut di distribusikan kepada masyarakat di perumahan bumi mas II RT 58/14 kota Madiun.

Adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk terus menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari virus Covid-19 dan meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mengonsumsi sayur-mayur dan ikan yang dirawat secara organik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x