Mohon tunggu...
Hanifah Handayani
Hanifah Handayani Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Hidup adalah pilihan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa KKN UM Mengadakan Pelatihan Desain Grafis di Desa Dadapan, Kec. Wajak, Kab. Malang

23 Juni 2021   20:19 Diperbarui: 23 Juni 2021   20:43 149 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Mengadakan Pelatihan Desain Grafis di Desa Dadapan, Kec. Wajak, Kab. Malang
Foto bersama peserta pelatihan corel draw

Di era modern seperti saat ini, penting bagi masyarakat khususnya anak muda untuk melek teknologi. Di sekolah pun seperti SMP, SMA, bahkan di bangku perkuliahan, sebuah tuntutan bagi anak muda untuk mengerti ataupun paham dalam menggunakan teknologi. Banyak hal yang menguntungkan ketika kita melek teknologi, salah satunya adalah anak muda akan menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Mahasiswa KKN Desa Dadapan sangat paham betapa pentingnya anak muda untuk melek teknologi, oleh karena itu dibuatlah salah satu program kerja KKN yaitu pelatihan desain grafis. Dalam hal ini mahasiswa KKN UM Desa Dadapan membuat program kerja pelatihan corel draw yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 19 - 20 Juni 2021, pukul 09.00 WIB – selesai.  Kegiatan ini dibuka untuk umum, walaupun pelatihan ini gratis peserta  kegiatan pelatihan corel draw mendapatkan benefit seperti manual book, sertifikat, dan sebagainya. Pemateri dalam kegiatan pelatihan ini adalah Rico Fenda Pradana salah satu mahasiswa KKN Desa Dadapan yang tentu saja berkompeten dalam hal desain grafis sehingga dipercaya untuk berbagi ilmu kepada masyarakat khususnya remaja di Desa Dadapan (Karang Taruna).

Memperkenalkan fitur-fitur di dalam aplikasi corel draw (Pemberian materi Hari Ke - 1)
Memperkenalkan fitur-fitur di dalam aplikasi corel draw (Pemberian materi Hari Ke - 1)
 

Praktik pembuatan poster (Hari Ke-2)
Praktik pembuatan poster (Hari Ke-2)

Tema dalam kegiatan ini adalah “Mengembangkan Media Publikasi Masyarakat Desa Dadapan Dengan Desain Poster,” diharapkan agar nantinya setelah pelatihan ini anak muda atau teman-teman Karang taruna Desa Dadapan bisa mengaplikasikannya pada kegiatan-kegiatan desa di masa mendatang tidak hanya sesaat tetapi memiliki sifat jangka panjang.

Kegiatan pelatihan corel draw di hari pertama, tepatnya tanggal 19 Juni 2021 yaitu pemaparan materi dasar mengenai fitur-fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi corel draw oleh Rico Fenda Pradana. Setelah mendapatkan materi lalu di hari kedua kegiatan pada tanggal 20 Juni 2021, menjadi lebih menyenangkan karena peserta pelatihan corel draw melakukan praktik membuat poster, Poster yang dibuat yaitu Poster mengenai Hari Raya Idul Adha.

Penyerahan manual books kepada salah satu perwakilan karang taruna
Penyerahan manual books kepada salah satu perwakilan karang taruna

Kegiatan pelatihan corel draw berjalan dengan maksimal mulai dari memberikan materi dan juga praktik. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan karang taruna dan perangkat desa. walaupun kegiatan hanya dilakukan selama dua hari. Mahasiswa KKN desa Dadapan  memiliki tujuan positif, yaitu dengan belajar membuat poster para pemuda ataupun karang taruna nantinya dapat membuat poster-poster untuk kegiatan yang ada di Desa Dadapan dan dapat bermanfaat dalam publikasi kegiatan- kegiatan di Desa Dadapan kedepannya.

Penulis : Abdullah Syakir  dan Dian Eka Ryanti 

Editor : Hanifah Handayani

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x