Mohon tunggu...
Hanifah Annisa
Hanifah Annisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanifah Annisa Mutlasih

Mahasiswa UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sosialisasi tentang Pemanfaatan Lingkungan Kosong dengan Melakukan Teknis Penanaman dengan Sistem Hidroponik

27 Januari 2022   11:00 Diperbarui: 27 Januari 2022   11:45 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kelompok mengabdi KKM-DR UIN MALANG menjadi salah satu kelompok pengabdian masyarakat yang turun langsung ke masyarakat dengan tujuan memberikan edukasi tentang pentingnya proses penanaman dan pengelolaan Hidroponik. Hidroponik merupakan sebuah sistem penanaman tanaman tanpa menggunakan tanah tetapi menggunakan air dengan media yg minimalis.

Penyuluhan dan sosialisasi terkait  penanaman tanaman Hidroponik di tujukan kepada ibu-ibu PKK dan muslimat di Dusun Prodo, desa Klampok Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang(10/01/2022). 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program kerja yang dibuat oleh kelompok KKM-DR UIN MALANG. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan hasil panen yang menggunakan media tanah dan menggunakan Hidroponik. Selain itu tujuan lain yang bisa ditekankan kepada hasil panen adalah efektifitas dalam proses penanaman.

Dalam kegiatan tersebut anggota dari KKM-DR UIN MALANG menjelaskan tentang bagaimana cara sistem hidroponik dan membandingkan hasil penanaman dengan menggunakan media tanah dan media hidroponik. 

Tidak hanya itu anggota KKM-DR UIN MALANG juga membekali materi-materi kepada ibu-ibu pkk dan muslimat, antusiasme dari peserta sangat memberikan dampak yg positif kepada peserta.

Praktek cara penanaman dengan menggunakan media Hidroponik (Dokpri)
Praktek cara penanaman dengan menggunakan media Hidroponik (Dokpri)
Tepat Pada hari Minggu(16/01/2022) pelaksanaan praktek pembuatan hidroponik  dari ibu-ibu PKK dan Muslimat di Dusun Prodo mulai dengan praktek yang lebih detail, lokasi praktek yang ditentukan oleh pihak desa berada di Desa Klampok Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Dalam kegiatan ini ibu-ibu mencoba dan mengimplementasikan materi materi yang sebelumnya sudah panitia berikan, baik cara pembuatan hidroponik dan penanaman. 

Dalam pembuatan hidroponik terdapat cara, yaitu pertama ibu-ibu diajarkan untuk menyemai bibiT terlebih dahulu bibit yang digunakan yaitu bibit sawi, bayam dan kangkung  dan ditunggu selama kurang lebih 1 minggu. Kedua, Pemindahan bibit ke tempat hidroponik. 

Ketiga, pemberian nutrisi berupa nutrisi A dan B sesuai dengan takaran pada air yang digunakan dalam media hidroponik. Keempat, perawatan hidroponik harus steril dan terhindar dari debu. Setelah kurang lebih 30 hari maka tanaman di media hidroponik sudah siap untuk dipanen.

Penanaman dengan menggunakan media hidroponik (Dokpri)
Penanaman dengan menggunakan media hidroponik (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan