hanifa hafiza
hanifa hafiza mahasiswa

because I love my mother, wherever I am I will fight for her happy

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Artikel Ilmiah, Bayi "Premature"

8 Desember 2017   00:05 Diperbarui: 8 Desember 2017   00:12 1137 0 0

PERKEMBANGAN BAYI PREMATUR

Oleh

Hanifa Hafiza

email hanifahafiza41@yahoo.co.id

085731484114

                                                                                                                                           

 

ABSTRAK

Basically parenting is the same, no different even if the child is born prematurely. A child with a history of premature delivery, the primary time to pursue optimal growth at birth is the first 2 years, in which the child's growth should be assessed at chronological age. It aims to make early detection of growth problems, if there is a problem can be done immediately intervention / treatment. But it is true, children with preterm labor should be monitored continuously until the age of 7-10 years. 

This is useful for assessing intelligence issues, behavior problems and other issues. Premature infants including high-risk babies are prone to developmental disorders. In fact, 50 percent of premature infants experience various developmental disorders. The shape of the disorder may differ from one another. Skills like that, sitting, standing, walking, chatting or other developments. Babies born prematurely may also experience behavioral disorders due to weakness of the nervous system at birth. Behavioral disorders later can be detected as the baby develops. For example, children are agitated, emotional, and late talking.

Keywords: Premature, High risk

 

ABSTRAK

Pada dasarnya pengasuhan untuk anak sama, tidak berbeda walaupun anak lahir prematur. Anak dengan riwayat kelahiran prematur, waktu yang utama untuk mengejar tumbuh kembang nya optimal seperti bayi lahir aterm adalah 2 tahun pertama, dimana tumbuh kembang anak harus dinilai berdasarkan usia kronologis. Hal ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini masalah tumbuh kembang, bila terdapat masalah dapat segera dilakukan intervensi / penanganan. Tetapi memang benar, anak dengan kelahiran prematur harus dipantau terus sampai usia 7-10 tahun. 

Hal ini berguna untuk menilai masalah tingkat kecerdasan, masalah perilaku dan masalah lainnya. Bayi prematur yang termasuk dalam bayi berisiko tinggi, cenderung mengalami gangguan perkembangan. Realitasnya, 50 persen bayi prematur mengalami berbagai gangguan perkembangan. Bentuk gangguannya bisa berbeda satu dengan lainnya. Seperti keterampilan tengkurap, duduk, berdiri, berjalan, bicara atau perkembangan lainnya. Bayi yang lahir prematur juga bisa mengalami gangguan perilaku akibat kelemahan sistem syaraf saat lahir. Gangguan perilaku di kemudian hari pun sudah bisa dideteksi saat bayi berkembang. Misalnya saja, anak gelisah, emosi, dan terlambat bicara.

Kata Kunci      : Prematur, Beresiko tinggi

PENDAHULUAN

Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka dan sensitif untuk menerima rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan funsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa anak usia ini merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral.

Anak usia dini ialah anak yang berkisar antara usia 0-6 tahun yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa sehingga memunculkan berbagai keunikan pada dirinya. Pada tahap inilah, masa yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan yang intinya diharapkan dapat membentuk kepribadiannya.  (fadillah, 2014)

Pertumbuhan dan perkembangan anak tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan masa kelahiran seorang bayi. Masa kelahiran sangat ditunggu-tunggu, akan tetapi jika kehamilan tidak mencapai 9 bulan lebih 10 hari atau sekitar 36-38 minggu, maka bayi itu termasuk bayi prematur. Bayi prematur adalah bayi yang lahir pada minggu sebelum minggu ke 34 atau minggu ke 35. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6