Mohon tunggu...
Hanifah Fifi
Hanifah Fifi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Orang biasa yang juga masih belajar

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Hal Sederhana tapi Bermakna untuk Mendukung Net-Zero Emissions

22 Oktober 2021   22:00 Diperbarui: 22 Oktober 2021   22:02 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Halo Sobat Pencinta Lingkungan! Seberapa besar kontribusimu dalam menjaga kelestarian dan kelangsungan lingkungan nih?

Seperti yang kita ketahui pemanasan global tengah melanda dunia hingga saat ini. Banyaknya emisi yang menyebabkan efek rumah kaca dan merusak lapisan ozon dapat memicu pemanasan global ini terus berlanjut. Berbagai isu terkini mengenai dampak pemanasan global tengah diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Berbagai solusi juga telah dicanangkan dan dilakukan demi mengurangi dampak pemanasan dan mencegah agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Salah satu gagasan yang dilakukan adalah program Net-Zero Emissions.

Net-Zero Emissions adalah salah satu tujuan untuk menghilangkan emisi-emisi berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Hasil dari pembakaran bahan bakar seperti bensin, kayu, gas alam, dan bahan bakar lainnya dapat menghasilkan gas karbondioksida (CO2). Gas CO2 menjadi salah satu emisi yang perlu penanganan lebih lanjut demi menciptakan Net-Zero Emissions. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyukseskan program tersebut. Mulai dari hal sederhana yang mungkin sudah sering kita lakukan, kita dapat berkontribusi untuk menjaga kelangsungan lingkungan agar tetap lestari. Beberapa solusi yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut.

Berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum

Seperti yang kita ketahui, kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang terbesar emisi gas karbondioksida. Diperlukan kesadaran kita untuk mengurangi penggunaan kendaraan agar dapat mengurangi emisi yang dihasilkan. Apabila hanya bepergian dengan jarak yang relatif dekat, alangkah baiknya untuk berjalan kaki ataupun bersepeda dan menjadikannya sebagai olahraga yang juga bermanfaat bagi kesehatan. 

Dengan berjalan kaki atau bersepeda, penggunaan kendaraan bermotor akan terkurangi sehingga gas CO2 juga akan berkurang. Apabila bepergian dengan jarak yang jauh, bisa menggunakan transportasi umum untuk mengurangi jumlah kendaraan yang beredar di jalanan. 

Dengan langkah sederhana seperti itu, kita sudah berkontribusi untuk menghambat pemanasan global yang sangat mengancam kelangsungan bumi ini. Diperlukan kerja sama dan kesadaran yang tinggi untuk melakukan hal sederhana tersebut. Peran semua orang sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan Net-Zero Emissions.

Memilah sampah dan tidak membakar sampah

Sampah merupakan salah satu masalah terbesar yang melanda negeri. Banyaknya sampah plastik yang tidak bisa terurai dan dihasilkan setiap hari menjadi penghalang suksesnya program Net-Zero Emissions. Untuk mengurangi sampah yang menumpuk, sering kali masyarakat membakar sampah tersebut agar dapat berkurang. Baik sampah plastik maupun dedaunan, masyarakat sering membakarnya secara bersamaan tanpa dipilah-pilah terlebih dahulu. 

Cara instan untuk menghilangkan sampah ini sangat merusak kelestarian lingkungan karena pembakaran tersebut akan menghasilkan gas buangan yang dapat menyebabkan pemanasan global. Mungkin saja masyarakat sudah mengetahui dampak dari pembakaran sampah tersebut, tetapi mereka tetap melakukannya karena hal tersebut merupakan cara instan untuk menghilangkan sampah mereka. 

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita mulai menggunakan barang yang bisa dipakai ulang untuk mengurangi sampah plastik. Penimbunan sampah organik dalam tanah untuk dijadikan sebagai kompos juga dapat dilakukan. Memang dibutuhkan ketelatenan untuk melakukan hal baik seperti itu. Namun, demi kelangsungan bumi ini, kita harus tetap melakukan hal-hal kecil tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan