Mohon tunggu...
Haniefah Astriani
Haniefah Astriani Mohon Tunggu... Freelancer - Sky Watcher

Jangan mengharapkan kehidupan yang lebih bahagia, cukup hiduplah dengan bahagia.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Belajar Makna Perjuangan dari Museum Pangsar Jenderal Soedirman

24 Juni 2021   22:52 Diperbarui: 25 Juni 2021   10:02 145 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Belajar Makna Perjuangan dari Museum Pangsar Jenderal Soedirman
Sumber: Google Street View

Tokoh sejarah memercikkan api inspirasi, hanya jika dipelajari secara rinci - Najwa Shihab

Jenderal Soedirman. Siapa sih yang tidak pernah dengar nama beliau? Jenderal Soedirman adalah salah satu pahlawan yang dihormati di Indonesia karena kontribusinya saat melawan penjajah. Sejak muda beliau sudah diberi gelar Panglima Besar (Pangsar). Kita sering mendengar nama Jenderal Soedirman dijadikan sebagai jalan, museum, monumen, tugu, bahkan ada juga universitas yang menggunakan namanya. Hal ini menunjukkan betapa besarnya jasa beliau bagi bangsa dan negara.

Banyumas sendiri memiliki cukup banyak objek yang menggunakan nama Jenderal Soedirman. Salah satunya adalah Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman. Museum ini berlokasi strategis, yaitu di Kelurahan Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat. Lokasinya persis di selatan jalan masuk utama Purwokerto bagian barat. Dari pada menghabiskan waktu luang untuk nongki cantik di coffee shop atau hanya di depan gadget. Berkunjung ke museum adalah salah satu pilihan yang bisa dilakukan. Museum bukanlah tempat yang membosankan dan kurang menarik lho. Dari museum kita bisa belajar banyak hal dengan lebih rileks dan santai.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Nah Inilah alasan kamu wajib mengunjungi Museum Pangsar Jenderal Soedirman


Tiket Masuk Terjangkau

Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 3.000 untuk masuk ke dalam museum. Murah bukan? Dengan biaya tersebut pengunjung dapat bebas mengeksplorasi seluruh area museum mulai dari gedung utama hingga taman bermain.

Wisata Edukasi yang Cocok untuk Berbagai Usia

Sesuai dengan namanya, Museum Pangsar Jenderal menceritakan sejarah singkat Jenderal Soedirman dari lahir hingga wafat. Museum ini terbagi menjadi 2 lantai. Di lantai satu terdapat diorama (miniatur 3D yang menggambarkan suatu peristiwa). Adanya diorama ini membuat pengunjung lebih mudah membayangkan peristiwa yang terjadi. Tentu kita tahu bahwa museum adalah tempat yang tepat untuk belajar sejarah tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan