Mohon tunggu...
Hanida AuliaSanti
Hanida AuliaSanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Lambung Mangkurat

Assalamualaikum Wr. Wb. Saya harap segala informasi yang saya berikan akan bermanfaat bagi siapa saja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Lahan Basah Wilayah Kalimantan Selatan

29 November 2022   05:40 Diperbarui: 29 November 2022   06:25 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

      Lahan basah atau disebut juga wetland merupakan kawasan-kawasan yang permukaan tanahnya jenuh dengan air, baik secara permanen (tetap tergenang air) atau musiman (tergenang dalam waktu tertentu). Sementara itu, terdapat juga pengertian lain dari lahan basah yaitu merupakan lahan yang masuk kategori daratan tergenang air atau memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

     Lahannya yang tergenang dengan air menimbulkan karakteristik tanah dan vegetasi-vegetasi di kawasan lahan basah berbeda dengan kawasan lainnya. Lahan basah cenderung memiliki jenis tanah yang subur, sehingga dapat digunakan sebagai kawasan persawahan, tambak, dan lain sebagainya. Menurut Konversi Ramsar tahun 1971, lahan basah di bagi menjadi 2 kategori yaitu lahan basah alami dan lahan basah buatan, namun secara lebih spesifik jenis lahan basah beserta ciri-cirinya dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Lahan Gambut

    Merupakan jenis lahan basah yang terbentuk dari akumulasi bahan tanaman yang mati dan membusuk. Lahan Gambur memiliki kandungan bahan organik yang menyebabkan tingkat kesuburan tanahnya sangat tinggi.

2. Kawasan Rawa

    Merupakan jenis lahan basah yan tergenang air hampir sepanjang tahun dengan ketinggian air yang berbeda-beda. Rawa sendiri terbagi lagi menjadi 2 jenis lagi yaitu rawa air tawar di pedalaman hutan dan rawa air asin (payau) di wilayah pantai. Rawa merupakan lahan basah untuk beragam satwa dan vegetasi endemik.

3. Kawasan Riparian

     Merupakan jenis kawasan peralihan (transisi) antara daratan dengan sungai dengan salah satu penyusun ekosistemnya berupa pohon, semak belukar, dan tanaman herba.

4. Lahan Buatan

     Merupakan kawasan lahan basah rancangan manusia yang tersusun atas air, tanaman, dan hewan. kawasan ini umumnya dibuat manusia untuk pemurnian air yang tercemar.

5. Lahan Mineral

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun