Mohon tunggu...
Hanggrahita Dewi Laksita Sari
Hanggrahita Dewi Laksita Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

seni dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kelas Kreativitas sebagai Upaya dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Masa Pembelajaran Daring

30 November 2022   02:19 Diperbarui: 30 November 2022   02:52 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENDAHULUAN

Tahun 2020 awal menjadi gerbang awal masuknya virus Covid-19 di Indonesia. Hal ini tentu menjadi masa sulit bagi masyarakat Indonesia karena munculnya Virus Corona atau Covid-19. 

Virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan Cina ini dengan sangat cepat menyebar ke seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Virus ini merupakan salah satu virus yang dapat menyebar lewat droplet atau cairan yang keluar dari tubuh penderita Covid-19 dan menempel pada orang yang sehat.

Meningkatnya penyebaran virus corona berdampak besar pada kehidupan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pemerintah mengambil kebijakan untuk membatasi aktifitas masyarakat di luar rumah. 

Hal ini tentu berdampak pada berbagai bidang, salah satunya dalah bidang pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam hal ini mengambil kebijakan terkait panduan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Melalui surat edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19, Kemendikbud memberikan instruksi agar siswa belajar di rumah dan tidak berangkat sekolah. Model pembelajaran yang semula dilaksnakan secara tatap muka diubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Yang semula sekolah secara tatap muka dan interaksi langsung berubah drastis menjadi daring.

Dalam pembelajaran jarak jauh ini, tidak jarang murid mengalami kejenuhan. Peserta didik yang mengalami kejenuhan belajar merasa seakan-akan pengetahuan dan kecakapan yang diperoleh dari belajar tidak ada kemajuan yang pada umunya tidak berlangsung selamanya tetapi dalam rentang waktu tertentu, seperti satu minggu. 

Namun, tidak sedikit pula peserta didik yang mengalami kejenuhan dengan rentang waktu berkali-kali dalam satu kali periode pembelajaran tertentu. Kejenuhan belajar dapat peserta didik yang kehilangan motivasi dan konsolidasi salah satu tingkat keterampilan tertentu sebelum sampai pada tingkat keterampilan berikutnya.

Kelas seni merupakah salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan siswa. Selain itu, melalui kelas seni kreativitas siswa dapat terasah dengan baik. Salah satu tujuan Pendidikan  adalah untuk membentuk kreativitas dan inovasi pada anak. Agar Kreativitas tersebut menjadi nyata dalam mengajar dan anak mendapatkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, kreativitas itu perlu dipupuk, dikembangkan dan ditingkatkan. 

Diharapkan dengan adanya kelas kreativitas ini mampu mengtasi kejenuhan dan menumbuhkan motivasi belajar bagi anak-anak. Karena pada dasarnya pembelajaran jarak jauh ini menitikberatkan pada kemandirian siswa dalam belajar, sehingga diperlukan motivasi yang tinggi untuk belajar.

Penulisan artikel ini diharapkan mampu memberikan manfaat baik untuk siswa, guru, maupun peneliti sendiri, yang mana siswa diharap dapat terus antusias dalam belajar meskipun dengan sistem pembelajaran jarak jauh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun