Mohon tunggu...
Hangger Risang Rachmaputra
Hangger Risang Rachmaputra Mohon Tunggu... Salam kenal kawan, semoga hal-hal baik selalu menyertai kalian!

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030042

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Artikel Utama

Sebelum Memelihara Iguana, Simak Dulu 3 Cara Merawatnya

16 Maret 2021   14:46 Diperbarui: 17 Maret 2021   02:15 763 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebelum Memelihara Iguana, Simak Dulu 3 Cara Merawatnya
Iguana (Dokumentasi pribadi)

Kita sebagai mahluk sosial tentunya membutuhkan manusia sebagai teman, namun ada beberapa  orang yang juga membutuhkan hewan sebagai pilihan teman bermainnya atau sekadar untuk menyalurkan hobi. Biasanya burung, ikan, kucing  dan anjing seringkali menjadi pilihan utama sebagai hewan peliharaan di rumah.

Namun, akhir-akhir ini reptil juga mulai dilirik menjadi pilihan yang mulai digandrungi, terutama oleh anak-anak muda. Ditambah lagi mulai banyak konten-konten yang sifatnya informatif dan edukatif mengenai berbagai cara memelihara reptil agar tetap sehat dan nyaman yang biasanya dibagikan melalui kanal YouTube.

Bisa dilihat banyak artis-artis yang juga menjadi influencer lewat hobinya memelihara binatang seperti Irfan Hakim, Lucky Hakim dan masih banyak lagi, mereka memelihara beberapa macam hewan mulai dari yang liar sampai yang bisa dijinakkan, tak terkecuali reptil eksotis endemik Amerika Selatan yang juga merupakan salah satu dari hewan peliharaan saya.

Meski Iguana bukan merupakan hewan asli Indonesia, namun Iguana sudah dilirik untuk dijadikan sebagai ladang bisnis atau hanya sekadar penyalur hobi. 

Iguana merupakan salah satu dari banyak reptil dengan usia hidup yang panjang. Di alam liar sendiri reptil ini bisa hidup hingga lebih dari 20 tahun sedangkan jika dipelihara biasanya 10-15 tahun, namun balik lagi, itu tergantung cara kita dalam merawat hewan ini.

Biasanya Iguana yang diperjualbelikan dipasaran adalah yang berjenis seperti Green Iguana, Red Iguana, Snow Iguana, Blue Iguana, Similis Iguana, Banana Iguana dan Rhinoceros Iguana.

Jika Anda tertarik untuk membeli Iguana, saya sarankan sebagai pemula memelihara yang berjenis Green Iguana, mengingat Iguana jenis ini dipasaran harganya masih cenderung murah. Untuk baby-nya sendiri berada dikisaran 300-350 ribu dan jika Anda sudah merasa cocok serta mempunyai uang yang lebih, menarik rasanya untuk mencoba memelihara yang berjenis Rhinoceros Iguana.

Iguana ini bisa dijadikan sebagai investasi juga, lho. Pasalnya untuk baby-nya saja harganya bisa mencapai 13,5 sampai 15 juta. Bisa dibayangkan bukan berapa uang yang berhasil kita dapatkan jika bisa mengembangbiakkan Iguana jenis ini.

Iguana sendiri termasuk hewan poligami di mana mereka dapat berkembangbiak dengan banyak pasangan, yang mana perbandingan di dalam ekosistem kandang diisi oleh 1 jantan dan 2-3 betina.

Setelah usia dewasa, fisik antara jantan dan betina dapat dibedakan dan sudah terlihat jelas. Misalnya pada jantan jengger lebih panjang, warna tubuhnya lebih cerah, kepala lebih besar dan terdapat jakun di sekitar bawah kepalanya dan sedangkan untuk betinanya sebaliknya. 

Di musim kawin sekitar bulan Agustus biasanya 1-2 bulan setelah usia perkawinan, sang betina akan mengeluarkan telur. Untuk jumlahnya tergantung jenis, usia dan iklim di daerah tersebut. Namun jika di alam liar, seekor betina dapat mengeluarkan 10 hingga 30 butir telur, lalu setelah 3-4 bulan (Kisaran bulan Januari dan Februari). Namun, telur yang menetas presentasenya sekitar 80% dari jumlah semua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x