Mohon tunggu...
Handy Pranowo
Handy Pranowo Mohon Tunggu... Lainnya - Love for All Hatred for None

Penjelajah

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Doggy Si Anjing Penyelamat

23 November 2022   14:49 Diperbarui: 23 November 2022   14:55 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perawakannya tidak gemuk tidak juga kurus. Bulunya coklat meliputi seluruh badan. Ekornya panjang menjuntai selalu di kibas-kibaskan. Pembawaannya ramah tak mudah marah. Ia senang berteman dengan siapa saja tanpa memandang usia ataupun agama. Ia lincah. Cerdik. Gesit. Berani. Dan tak kenal kompromi.

Dialah si Doggy. Anjing kampung yang baik hati. Anjing kampung yang sudah lebih 5 tahun ini mengabdikan diri menjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu.

Ia memberi peringatan kepada orang-orang juga para pengendara motor yang melintas di sana. Dia yang selama ini rela mengorbankan waktu dan tenaganya demi keselamatan manusia.

Siang malam, panas hujan Doggy tetap teguh menjalani tugasnya. Mengikuti jejak tuannya yang telah lebih dulu pergi meninggalkan dirinya. Kalian boleh percaya atau tidak. 

Sudah banyak orang-orang yang ditolong oleh anjing kampung malang itu. Ia tak pernah mengeluh tak pernah pula ia meminta imbalan dari hasil kerjanya. 

*******

Semenjak Doggy mengabdikan dirinya menjadi penjaga perlintasan kereta api hampir semua orang yang melintas di sana baik pejalan kaki, pengendara motor atau pun para penarik gerobak. Tak ada yang berani menerobos saat kereta sedang berjalan.

Jangan macam-macam bila Doggy telah memberi aba-aba untuk berhenti. Taring-taring giginya akan di perlihatkan dengan seram seakan ingin menerkam. Matanya merah menatap tajam semua orang.

Dia tak akan segan-segan menyalak bahkan menarik baju atau celana para penerobos perlintasan kereta api saat kereta api sedang berjalan melintas. Dengan taring gigi-giginya yang tajam dan kuku-kukunya yang runcing ia tak segan-segan memberi hukuman kepada orang-orang yang tak tahu aturan. 

Hal tersebut sering kali ia lakukan kepada para pejalan kaki yang nakal. Para pengendara motor yang bodoh dan ceroboh. Orang-orang yang tidak patuh terhadap peringatan keselamatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun