Mohon tunggu...
Handy Pranowo
Handy Pranowo Mohon Tunggu... Lainnya - Love for All Hatred for None

Setia dengan Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pengetahuanku tentang HIV/AIDS

2 Desember 2021   16:16 Diperbarui: 2 Desember 2021   16:20 131 27 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi. Freepik.com

Pertama kali mendengar kata yang namanya AIDS saat sang vokalis legendaris Freddie Mercury, Queen meninggal dunia. Tahun itu saya duduk di bangku kelas dua SMP dan kebetulan juga saya suka dengar lagu-lagunya Queen. 

Berita kematian itu begitu menghebohkan jagad dunia musik internasional, Freddie Mercury, Queen siapa yang tidak kenal.

Kematian sang vokalis yang sangat "menyedihkan"di ulas tuntas di berbagai artikel-artikel majalah dan koran dari kehidupan pribadinya hingga hasrat biologisnya yang menyimpang. 

Dari situlah saya tahu kalau Freddie Mercury itu penyuka sesama jenis. Waktu itu saya bertanya dalam hati kenapa orang suka dengan sesama jenis dan apakah AIDS itu di karenakan suka sesama jenis.

Hingga bertambahnya usia sedikit demi sedikit ada juga paham mengenai penyakit AIDS tersebut. Dan dalam sebuah buku terjemahan yang judul aslinya " Guns, Germs and Steel (Bedil, Kuman, Baja) karya Jared Diamond.  

Di sana di tuliskan bahwa penyakit manusia yang penyebarannya begitu cepat dan masif ini ternyata adalah virus-virus yang telah berevolusi yang dulu tinggal diam di dalam tubuh monyet-monyet liar di Afrika. 

Untuk hal ini barangkali penelitian kedokteran yang bisa menjelaskan soal penyakit AIDS ini. Dan di dalam buku itu pun di katakan pula penyebaran berbagai virus penyakit di sebabkan juga karena lonjakan pertambahan penduduk dunia yang terus meningkat.

Setahu saya virus AIDS ini di tularkan melalui cairan dari alat kelamin atau sperma (hubungan seks) atau juga bisa melalui kontak darah dengan pengidap penyakit AIDS (penggunaan jarum suntik secara bergantian).

Jaman duduk di bangku SMA bila ada kegiatan Rohani di hari Jumat dan pihak sekolah memanggil seorang Ustadz mesti saja tema kenakalan dan penyimpangan seks di antara remaja menjadi bahan pilihan ceramah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan