Mohon tunggu...
Handy Pranowo
Handy Pranowo Mohon Tunggu... Lainnya - Love for All Hatred for None

Penjelajah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Tahu Filsafat Gara-Gara Pak Fahruddin Faiz

24 Maret 2021   19:52 Diperbarui: 24 Maret 2021   20:09 1317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
bandungnews.id fahrudinfaiz

Sedikit saja mungkin saya menulis tentang ketertarikan saya tentang filsafat, tulisan ini tidak ada isinya hanya curhat saja. Apa sih filsafat? Kenapa sih sebagian orang-orang bilang, "sok lu ngomongin filsafat". 

Saya sendiri sebenarnya tidak pantas dan tidak berhak pula menjabarkan apa arti filsafat itu sendiri, takut-takut malah nanti salah atau di salahkan. Yang selama ini saya tahu filsafat itu berasal dari bahasa Yunani yaitu Philosophy, artinya ilmu kebijaksanaan seperti itulah kira-kira.

Dulu saya mempunyai kawan dekat yang kebetulan beliau kuliah di salah satu universitas di Jakarta dengan jurusan filsafat, setiap kali main ke rumahnya nampak beberapa macam buku filsafat tergeletak di meja kamarnya. Yang nampak jelas sih di buku-buku tersebut bertuliskan Socrates, Karl Mark, Nietszche, Aristoteles, Plato dan kawan-kawannya. 

Menyentuh iya, membaca sedikit pun pernah tetapi tidak sampai tuntas dan memang saya lebih tertarik membaca buku-buku puisi atau buku kumpulan cerpen miliknya. Dan terlupakanlah yang namanya filsafat.

Barulah di pertengahan 2019 kira-kira seperti itu ketika saya sedang tidak punya kerjaan alias menganggur, hari-hari saya lebih sering di isi dengan menonton youtube, apa saja saya tonton tidak hanya musik atau film, bahkan saya belajar bahasa Belanda sedikit-sedikit melalui youtube. Sampai suatu waktu saya penasaran tentang konten youtube yang berjudul "ngaji filsafat"  waktu itu membahas tentang Syekh Siti jenar. 

Wah Syekh Siti Jenar, seorang wali yang kontroversial, saya pernah baca bukunya karangan Achmad Chodjim, Makna Kematian. Mulailah dari situ saya suka mendengarkan Ngaji Filsafat yang sebagai pengisi materinya adalah Pak Faiz atau Pak Fahruddin Faiz, beliau dosen di UIN Sunan Kalijaga, Jogja. 

Saya dengarkan suara pengisi ceramahnya saat itu kok rasanya "santuy", tidak teriak-teriak, mudah di cerna apa yang di jelaskannya, lagi pula tidak ada hujatan-hujatan, materi-materinya juga cukup menarik dan yang penting lagi juga bisa bikin saya cepat tidur.

Saya coba lihat konten-konten yang sebelumnya, konten awal atau konten perdana ngaji filsafat. Saya dengarkan baik-baik, sesekali saya catat dalam buku tulis dan Alhamdulillah, saya masih juga belum bisa paham tentang filsafat. Tetapi setidaknya saya tahu beberapa tokoh-tokoh besar dalam dunia filsafat. 

Dan dari ngaji itu pun saya juga jadi mengenal atau pernah mendengar istilah Epistemology, Skeptis, Logika, Hermenetik, Ontologi dan kawan-kawannya. 

Di kompasiana juga ternyata banyak kawan-kawan dari jurusan atau bidang filsafat, baik itu pelajarnya maupun gurunya, jadi tambah seru dan menarik. Ya Insya Allah, saya tidak culun-culun banget bila ada orang yang bicara tentang filsafat, bisa mencerna sedikit-sedikit. Dan hari (Rabu) malam ini saya siap dengarkan ngaji filsafat lagi.

Handy Pranowo

24032021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun