Mohon tunggu...
Dannu W
Dannu W Mohon Tunggu... Natural Talent

Suka nulis, fotografi, bersepeda, kadang nongkrong sambil ngopi kalau gak ada ganti teh anget

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Perbekalan yang Tidak Pernah Ada Habisnya

11 Desember 2020   10:34 Diperbarui: 11 Desember 2020   10:40 60 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbekalan yang Tidak Pernah Ada Habisnya
Olahan Telur Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Sejak saya kecil dulu kalau ada kegiatan olah raga berenang dari sekolah pasti dikasih bekal ayam plus nasi atau telur plus nasi plus mie dan yang mewah adalah ayam plus telur plus nasi. Sebuah kombinasi perbekalan anak sekolah yang pasti dirasakan oleh banyak orang. Bahkan ketika saya menginjak bangku SMA, perbekalan ketika berenang pasti kombinasi antara nasi, ayam, telur dan mie instan yang digoreng kemudian diberi bumbu khusus.

Bahkan sampai saya menikah, kadang istri memberikan saya bekal dengan menu yang sama. Meskipun tidak setiap hari, tapi ada hari tertentu yang menu makanan perbekalan mengandung telur atau ayam bahkan keduanya. Sampai turun ke anak saya, dia juga kadang makan dengan menu itu dan menjadi menu favorit dibandingkan daging lainnya seperti sapi atau makanan laut seperti ikan.

Kenapa kombinasi antara telur - nasi - ayam selalu menjadi pilihan ? Meskipun ada komplemen lainnya seperti tahu atau sayur, telur atau ayam selalu hadir. Bahkan pilihan jika kita makan di warung makan khas Tegal (warteg) telur dan ayam selalu menjadi primadona. 

Kombinasi makanan ini begitu populer mengingat dari pengolahan yang bisa dilakukan dengan banyak cara serta dari segi harga yang tidak begitu tinggi. Anda bisa membuat telur ceplok dengan garam atau telur ceplok tanpa garam. Sama-sama telur, tapi cita rasanya berbeda. Begitu juga dengan ayam, anda bisa menikmatinya dengan cabai atau dengan kecap manis tapi cita rasanya berbeda. 

Olahan ayam dan nasi - Gambar oleh rjunqueira dari Pixabay              Konten Terkait                                                                                                             Ada yang Tidak Mampu "Move On", tapi Ada Juga yang Tidak Mau "Move On"                                                                                                              "Iktercabij", Menu Buka Puasa Terenak yang Pernah Ada                                                                                                              Berpulangnya Pemikir Kontroversial yang Pernah Menggugat, "Apakah Tuhan Ada?"                                                                                                              Tidak Ada Perempuan yang Cantik di Indonesia                                                                                                              Tidak Ada Satupun Keyakinan yang Mengajarkan Terorisme                                                                                                              Tidak Ada yang Mampu Melebur Rindu Ini
Olahan ayam dan nasi - Gambar oleh rjunqueira dari Pixabay Konten Terkait Ada yang Tidak Mampu "Move On", tapi Ada Juga yang Tidak Mau "Move On" "Iktercabij", Menu Buka Puasa Terenak yang Pernah Ada Berpulangnya Pemikir Kontroversial yang Pernah Menggugat, "Apakah Tuhan Ada?" Tidak Ada Perempuan yang Cantik di Indonesia Tidak Ada Satupun Keyakinan yang Mengajarkan Terorisme Tidak Ada yang Mampu Melebur Rindu Ini
Selain rasa yang dapat berubah, pengolahannya juga relatif cepat. Paling lama adalah membuat opor ayam tapi jarang sekali pengolahan opor ayam dibuat jika bukan hari besar atau istimewa. Untuk keawetannya pun kombinasi panganan ini bisa dibilang luar biasa. Jika rendang bisa berubah rasa dengan cepat jika dibiarkan, tapi tidak dengan telur dan ayam. Anda bisa menyimpannya lebih lama lagi diluar lemari pendingin. 

Kalaupun jadi perbekalan, telur dan ayam yang dingin masih enak untuk disantap. Berbeda dengan panganan lainnya seperti tahu dan tempe yang lebih nikmat disajikan ketika hangat meskipun dingin tetap enak. Selain itu, pilihan kombinasi ini memiliki gizi serta kandungan yang baik untuk tubuh. Bisa dibilang ini merupakan kombinasi yang cukup sempurna untuk dijadikan perbekalan.

Mengingat saat ini pandemi covid-19 masih berlangsung, alangkah baiknya anda bekal dari rumah untuk mengurangi resiko terpapar covid-19. Selain murah dan hemat, makanan ini mudah diolah dan menjadi asupan gizi yang baik ketika anda bekerja atau sekolah (tapi sekolah tatap muka belum bisa berlangsung). Perut anda kenyang, gizi terpenuhi, kantong tidak jebol dan yang pasti imun anda meningkat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x