Mohon tunggu...
Handy Alfian
Handy Alfian Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Punya Hobi Fotografi? Kenapa Tidak Dibuat Bisnis Saja? Ini Caranya!

27 April 2021   16:18 Diperbarui: 27 April 2021   16:40 111 2 0 Mohon Tunggu...

Segala sesuatu membutuhkan proses. Begitu pula dengan bisnis. Semua bisnis pasti membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai tujuan yang diinginkan si pemilik bisnis. Demikian pula dengan bisnis fotografi, dibutuhkan seorang fotografer yang profesional. Banyak orang yang punya hobi fotografi, namun tidak banyak yang bisa memanfaatkan hobinya itu untuk dijadikan bisnis karena banyak dari kalian yang masih belum bisa melihat peluang bisnis dari fotografi. Selain itu, pasti banyak dari kalian yang bingung ingin memulai bisnis fotografi dari mana. Nah, disini saya akan membagikan tips mengawali bisnis fotografi agar kalian bisa memanfaatkan hobi fotografi menjadi bisnis yang menjanjikan.

1. Kembangkan Skill Memotret

Hal yang paling inti untuk memulai bisnis fotografi adalah kemampuan kalian dalam memotret. Sebelum terjun di bisnis fotografi, kalian harus menguasai teknik fotografi yang baik. Kalian bisa belajar teknik fotografi dengan mengikuti kursus, membaca buku tentang fotografi, belajar otodidak, maupun bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman dalam bidang fotografi.

2. Gunakan Gear Yang Tepat

Kalian harus menggunakan alat yang tepat untuk memotret. Alat yang kalian gunakan tidak harus mahal, yang penting sesuai dengan kebutuhan karena konsumen tidak akan peduli dengan alat yang kalian gunakan, tetapi lebih melihat hasil kalian. Kalian bisa membeli alat bekas, tetapi sesuai kebutuhan, daripada membeli alat baru tapi tidak sesuai dengan yang kalian butuhkan. Jika kalian belum mempunyai dana yang cukup untuk membeli alat, kalian bisa menyewa alat yang dibutuhkan.

3. Buat Portofolio

Portofolio berperan penting dalam bisnis fotografi karena konsumen akan melihat kualitas foto kalian dari portofolio. Kalian bisa membuat blog pribadi adat sosial media, lalu upload karya-karya terbaik kalian. Dengan adanya portofolio, kalian dapat menganalisa perkembangan kemampuan memotret kalian. Kalian bisa melihat referensi portofolio dari fotografer-fotografer profesional yang biasanya dapat kalian temui di sosial media maupun blog pribadi.

4. Foto Model Gratisan

Sebagai orang yang baru memulai bisnis fotografi, kalian pasti belum mempunyai portofolio yang banyak. Kalian bisa memanfaatkan teman kalian untuk dijadikan objek foto kalian. Dengan begitu, kalian tidak perlu membayar model untuk menjadi objek foto kalian. Selain itu, kemampuan memotret kalian akan berkembang karena semakin banyak jam terbang.

5. Foto Teman

Kalian bisa mengawali bisnis fotografi kalian dengan menerima projek dari teman terdekat.  Walaupun banyak terjadi "harga teman", itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting disini mental kalian dalam memotret sudah teruji dan jangan lupa perlihatkan kemampuan terbaik kalian. Karena bisa jadi dengan begitu, bisnis kalian akan tersebar luas dari mulut ke mulut yang secara tidak langsung itu merupakan promosi gratis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN