Mohon tunggu...
Hurwanto Handoro
Hurwanto Handoro Mohon Tunggu... Pencari inspirasi

Karena manusia hebat itu manusia yang bisa memberi inspirasi pada sesama.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Mudah Menyetir Mobil Bertransmisi Manual

10 September 2020   15:44 Diperbarui: 10 September 2020   15:48 40 1 0 Mohon Tunggu...

Menyetir mobil merupakan keterampilan yang bisa digunakan untuk menjadi ladang rejeki, misalnya dengan menjadi supir pribadi, kendaraan umum, ekspedisi, maupun untuk keperluan mengantar keluarga sendiri. Mobil yang paling banyak digunakan adalah mobil dengan transmisi manual.

Mobil transmisi manual memiliki tiga pedal, dimulai dari sebelah kiri pedal rem, gas, dan kopling. Jika kita sudah mengenali nama dan peran fiturnya maka dengan rajin berlatih akan menjadikan kita mahir berkendara. Berikut ini adalah cara-cara yang harus diperhatikan supaya bisa dengan mudah menyetir mobil.

 

1. Fitur Penting Mobil

Pedal menjadi fitur terpenting dalam pengoperasian mobil. Ingat urutannya ya, mulai dari kiri ada pedal rem, gas, dan kopling. Tidak boleh salah injak ya, karena bisa berakibat fatal. Terdapat persneling, gerakkan ke arah kiri depan untuk menggerakkan mobil maju. Sebaliknya, gerakkan ke arah kanan belakang untuk menggerakkan mobil ke belakang. Tentunya dibarengi dengan menginjak kopling saat menggerakkan persneling. Lepas kopling perlahan bersamaan dengan menginjak pedal gas.

 

2. Kuasai Tahap Dasar

Penguasaan tahap dasar yang direkomendasikan adalah mampu menggerakkan maju dan mundur. Kemampuan menggerakkan mobil didasari pada pola gerak persneling. Utamakan kenali dan kuasai pola persneling terlebih dahulu ya. Gigi satu kiri depan, gigi dua kiri belakang, gigi tiga lurus depan, gigi empat lurus belakang, gigi lima kanan depan, dan yang terakhir gigi R (mundur) kanan belakang. Rute gigi mengikuti gambar pola gear yang tertulis di atas bulatan persneling, perhatikanlah rutenya.

3. Tenang dan Fokus

Ketenangan menjadi sumber penguasaan keadaan, termasuk dalam proses menyetir mobil. Duduk menghadap stir di jok supir bisa membuatmu gerogi, butuh waktu untuk adaptasi. Atur napas dan kuasai kondisi, beri sugesti positif pada hati kita. Jangan sekali-sekali menginjak pedal gas dalam kondisi gerogi atau tidak tenang. Selain bisa membahayakan, rasa gerogi juga bisa menimbulkan kerusakan pada mobil. Santai, nikmati hembusan angin menyatulah dengan mobilmu.

4. Lahan Luas untuk Berlatih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x