Mohon tunggu...
Hanan Wiyoko
Hanan Wiyoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya menulis maka saya ada

Suka membaca dan menulis, bergiat di literasi digital dan politik, tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Hore... Tak Disangka Saya Dapat K-Rewards

27 April 2021   11:43 Diperbarui: 27 April 2021   12:56 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis artikel. Dokpri

K-Rewards benar ada, dan saya baru kali pertama mendapatkannya. Terkejut dan senang rasanya.

TULISAN ini sebagai bentuk terima kasih kepada Kompasiana. Tidak disangka, partisipasi saya di platform ini sejak Februari 2021 diganjar K-Rewards. Bisa menambah motivasi menulis.

Bagaimana caranya mendapatkan K-Rewards?

Kalau menurut saya sih, menulislah sebanyak-banyaknya. Menulis genre apa saja. Tulis-unggah, tulis-unggah. Syukur-syukur sering mengikuti 'Topik Pilihan' dan membuat tulisan yang aktual. Perhatikan unggahan tulisan Kompasianer lain dan simak berita-berita mutakhir. Dari hal itu, ide menulis bisa datang.

Saya tidak menyangka, kalau menulis di Kompasiana bisa mendapatkan honor. Meskipun niat awal menulis di Kompasiana bukan untuk tujuan mencari uang, melainkan untuk menyalurkan hobi menulis dan mengasah kepekaan sosial. 

Baru mulai 1 Februari 2021, saya mengunggah tulisan. Saya punya akun Kompasiana pada 23 Desember 2020.  Setelah login saya belum aktif. Bingung mau menulis apa. Hingga ada ide untuk membuat opini tentang program vaksinasi Covid-19 yang akan menggandeng data pemilih milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ya, jadilah tulisan pertama saya.

Sejak postingan tersebut, saya susul dengan postingan tulisan lainnya. Hingga hari ini, 27 April 2021 ada 69 artikel. Poin saya mencapai 1.101 dalam periode Februari-April 2021 dan peringkat Junior. Saya menulis dengan target awal 3 tulisan perhari. Beberapa waktu bisa target tercapai, namun kadang hanya bisa membuat satu atau dua artikel saja.

Kadang rasa jenuh juga melanda hingga tidak bisa membuat satupun tulisan. Kurang ide, ada kesibukan, atau aktivitas lain kadang menjadi penyebabnya. Untuk bisa menulis lagi butuh dorongan yang kuat dari dalam. Terutama mendobrak rasa malas menulis.

Saya pendatang baru di Kompasiana, dan saat ini belum centang biru. Tapi merasa senang bisa menyumbang tulisan disini. Serta berinteraksi dengan Kompasianer lainnya. Selain membaca tulisan Kompasianer lain, juga jangan lupa untuk memberikan vote atas artikel tersebut. Saling vote, saling membesarkan terjadi disini.

Dari pengalaman saya mendapatkan K-Rewards menjadikan saya bertambah semangat untuk menulis. Juga untuk teman-teman Kompasianer lain yang belum pernah mendapat K-Rewards, ayo semangat. Menulis dan teruslah menulis. (*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun