Mohon tunggu...
Hana Mianti
Hana Mianti Mohon Tunggu... Penulis - Hai,

Menulis adalah hobi yang saya tekuni sejak lama.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Langkah Tepat Bumi Sehat

16 Oktober 2021   09:00 Diperbarui: 16 Oktober 2021   09:06 87 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bumiku semakin menua, berdampingan dengan bertumbuhnya populasi manusia didalamnya. Dalam era globalisasi, telah banyak terjadi perubahan yang sangat signifikan dalam kehidupan sehari-hari. kemajuan teknologi yang tidak terkalahkan. Gedung-gedung menjulang tinggi, proyek perumahan dimana-mana. Dan juga munculnya landmark dari pabrik-pabrik industri yang kian membesar juga penggunaan transportasi yang sangat banyak.

Kemajuan teknologi memanglah telah banyak membantu kebutuhan manusia dari segi pekerjaan  maupun kebutuhan manusia yang lain. Namun amankah teknologi digunakan untuk jangka waktu yang panjang? Mampukah bumi bertahan untuk masa mendatang? Hal ini harus digaris bawahi bahwa manusia tidak hanya hidup dimasa kini saja. Kita akan terus berkembang ke masa depan dan tentunya dengan berbagai macam tantangan kedepan. Juga ekosistem dari makhluk hidup yang kian berkembang dan bertambah banyak.


Hal ini tentu persoalan serius yang harus diperhatikan. Penggunaan teknologi yang tepat dari segi penggunaan bahan bakar yang baik dan ramah lingkungan tentu akan menjadi solusi yang tepat untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang signifikan. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pembangunan di negara ini seperti tidak ada habisnya. Juga bertambahnya transportasi pribadi yang tidak terelakkan. Sebagai imbasnya yang sangat dekat kita rasakan adalah betapa banyak bermunculan masalah kesehatan yang tentunya ini mengancam kehidupan makhluk hidup didalamnya.  

Oleh karena itu, dibutuhkan cara bagaimana agar bumi kita tetap sehat berdampingan dengan lajunya globalisasi. Langkah yang harus dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari pencemaran udara yang tidak diinginkan bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Analisa Dampak Lingkungan

Sebagai orang-orang penting dalam pembangunan, seharuskan bisa lebih mempersiapkan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembangunan. Perlu adanya analisa dampak lingkungan yang harus dilakukan agar kedepannya tidak menjadi boomerang yang dapat mengancam pembangunan itu sendiri. Perencanaan pembangunan seperti gedung perkantoran, pabrik juga proyek perumahan harus benar-benar mampu memperhatikan dampak lingkungan. Hal ini dapat meminimalisir resiko kerusakan lingkungan yang didapat dari limbah pembangunan tersebut.

  • Penggunaan Teknologi Tepat Guna

Penggunaan bahan bakar yang digunakan transportasi umum maupun pribadi untuk segera digantikan dengan yang ramah lingkungan. Hal ini sangat penting dan berdampak positif untuk jangka waktu yang panjang. Diperlukan penelitian khusus untuk mengetahui bahan bakar apa yang cocok dan mudah didapat sehingga bisa mengurangi emisi. Mengganti dengan biogas, dan mulai menerapkan hidup hemat energi. Contohnya dengan mematikan yang tidak diperlukan seperti ac dan alat eketronik yang dapat menyebakan kerusakan lingkungan.

  • Pelatihan dan Penyuluhan Dampak Lingkungan

Melakukan pelatihan khusus bagi orang-orang yang akan memiliki usaha juga langkah yang perlu dilakukan agar lebih memahami bagaimana memiliki usaha yang baik dan ramah lingkungan. Juga melakukan penyuluhan terhadap masyarakat untuk leih peduli dengan lingkungan. Dengan cara menyuarakan gerakan net zero Emission. Juga memberitahukan dampak buruk yang terjadi ketika kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh emisi. Dengan pelatihan dan penyuluhan yang diberikan, diharapkan bisa menyelamatkan kehidupan makhluk hidup dimasa mendatang. Atau dengan membentuk lembaga atau komunitas untuk menyuarakan dan juga melaksanakan kegiatan untuk menanggulangi berbagai kerusakan lingkungan. Terutama bagi yang masih muda, sangat penting bagi mereka untuk mulai peduli dengan lingkungan dan menjaganya. Termasuk dalam membuat inovasi dan kreativitas baru bagaimana cara untu

  • Dukungan Pemerintah

Peran pemerintah juga sangat penting untuk berkelanjutan pembangunan. Dengan adanya peraturan pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang "Izin Lingkungan Hidup" diharapkan mampu membawa perubahan yang baik. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan dengan gerakan net-zero Emission dapat berjalan sesuai dengan yang dibutuhkan. selain itu, ketegasan pemerintah dalam memutuskan suatu kebijakan tertentu yang berkaitan dengan lingkungan juga penting. Karen hal ini bisa berpengaruh besar bagi masyarakatnya. 

Dari segala bentuk cara yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi sebagai penggerak pembangunan nasional, tentunya tidak akan berpengaruh apapun tanpa kesadaran diri dalam menjaga lingkungan. Tentunya masih banyak yang bisa dilakukan agar bumi kita terjaga dari emisi.

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan