Mohon tunggu...
Hana Marita Sofianti
Hana Marita Sofianti Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini, Guru , Blogger, Ghost Writer, Founder MSFQ

Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini , Guru, Blogger, Ghost Writer, Founder MSFQ

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PAUD Holistik Integratif dan Urgensi TdBA di Purwakarta

21 November 2022   20:28 Diperbarui: 21 November 2022   20:34 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud Holistik Integratif (Jayagiri, Lembang-Bandung) | Dokpri

"5 Layanan Paud Holistik Integratif merupakan layanan menyeluruh di setiap satuan pendidikan, diantaranya : Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi, Pendidikan, Perlindungan dan Kesejahteraan" (ayogurubelajar.kemendikbud.go.id)

Transformasi Pendidikan jenjang Paud dapat terlihat dari pemaknaan kata Paud dari mulai nama lembaga hingga saat ini menjadi nama seluruh satuan layanan baik formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan layanan yang diberikan kepada anak dari mulai janin, lahir sampai dengan 6 tahun, semoga dapat bersinergi dengan jenjang berikutnya Sekolah Dasar.

Artinya ketika anak melanjutkan ke jenjang berikutnya layanan akan terus berkesinambungan dan tujuan dari pendidikan nasional 'Ki Hajar Dewantara', mendidik manusia seutuhnya sesuai dengan kodrat dirinya, kodrat alamnya dan kodrat zamannya.

Foto: Perjanjian Kerjasama Paud Holistik Integratif/dokpri
Foto: Perjanjian Kerjasama Paud Holistik Integratif/dokpri

Paud Holistik Integratif dan Urgensi Tdba

Awal pelaksanaan dari 5 layanan Paud Holistik Integratif jenjang Paud adalah dengan menganalisis atau mengidentifikasi Ali dan Ale sebagai berikut :

1. Identifikasi Ali ( Analisis Lingkungan Internal)

Artinya satuan pendidikan menganalisis keadaan lingkungan sekolahnya seperti : Warga Belajar yaitu Keadaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Siswa/i, Keadaan Orang tua, dan lainnya.

2. Identifikasi Ale (Analisis Lingkungan Eksternal)

Merupakan identifikasi keadaan sekitar lingkungan sekolah baik layanan umum atau bukan yang memang dapat bekerjasama dengan satuan pendidikan, misalnya : layanan umum (mushola, lapangan, kantor desa, dll) layanan kesehatan (puskesmas, posyandu, dll).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun